lolokananta

Perpustakaan digital musik dari Lokananta

 

Lokananta merupakan perusahaan rekaman dan studio musik milik pemerintah akan meluncurkan perpustakaan digital untuk koleksi arsip musik. Arsip-arsip musik ini bisa dinikmati siapa saja  melalui situs www.lokanantamusik.com. Peluncurannya sendiri direncanakan akan bertepatan dengan peluncuran buku. Namun mulai hari ini, 1 Februari 2016, sudah bisa diakses public.

Lokananta didirikan pada tahun 1956 di Solo, Jawa Tengah. Lokanant kemudian berkembang bukan hanya sekedar pabrik piringan hitam tapi juga menjadi bank sentral bagi kekayaan musik Indonesia.

Perusahaan rekaman yang diprakasai oleh R. Maladi bersama R. Oetojo Soemowidjojo dan R. Ngabeni Soegoto Soerjodipoero nggak cuma punya koleksi lagu-lagu daerah tapi juga penyimpan sejarah perjalanan musik Indonesia. Pasalnya rekaman lagu Indonesia Raya versi instrumental dengan sampul lirik tiga stanza serta pidato Ir. Soekarno pada pembukaan Konferensi Asia Afrika pertama di Bandung tahun 1955 pun ada di sana.

Dengan adanya perpustakaan digital ini, mempermudah masyarakat untuk mengakses kekayaan perusahaan rekaman yang jadi rumah maestro musik Indonesia seperti Gesang dan Waldjinah ini. Sebagai tahap awal, perpustakaan digital ini akan berisi sample audio dengan durasi 50% dari durasi aslinya. Nggak cuma itu, juga bakal ada galeri foto dan artikel/berita yang berkaitan dengan Lokananta.

“Tahap pertama akan ada sekitar 20 lebih album rentang waktu 1956 hingga 1970 dan akan terus diperbarui setiap minggu,” ujar Yerikho Naektua, selaku perancang pustaka digital ini. Salah satu lagunya adalah lagu “Rasa Sayang Eh” yang sempat diklaim oleh Negara Malaysia.

Lokananta Project merupkana inisiasi Perum Percetakan Negara Republik Indonesia Cabang Surakarta selaku pengelola Lokananta bersama para penulis, fotografer, dan desainer muda untuk memoles ulang Lokananta sebagai wadah arsip musik Indonesia. Proyek ini meliputi pembuatan perpustakaan digital dan buku yang akan rilis pertengahan 2016. Selanjutnya pengelolaan perpustakaan digital akan sepenuhnya diberikan kepada Lokananta.

Komentar