anton ismail

Bersamaan dengan dirilisnya single “Merdeka”, ERK juga merilis video musik lagu tersebut

Bekerja sama dengan Anton Ismael, seorang fotografer andal yang juga pendiri sekolah fotografi Kelas Pagi. Anton menerjemahkan lagu “Merdeka” menjadi kerinduan untuk kembali ke alam bebas. Pada sela-sela mengajar Kelas Pagi Papua, Anton bersama rekan-rekannya menyempatkan diri untuk mengambil gambar di berbagai wilayah di Papua. Hasilnya, “Merdeka” menjadi semakin kuat.

“Lagu “Merdeka” ini merupakan upaya kami untuk merenungkan kembali makna kemerdekaan yang kita miliki. Apakah kita sudah benar-benar merdeka? Apakah kemerdekaan kita sudah menghargai kemerdekaan orang atau bangsa lain? Apakah kemerdekaan ini sudah membawa kita pada keadaan atau situasi yang memanusiakan manusia?” jelas Adrian Yunan mengenai tema lagu “Merdeka” yang juga menampilkan suaranya sebagai vokal utama. Selain itu, permasalahan-permasalahan sosial politik yang terjadi di tanah air belakangan—seperti perlawanan ibu-ibu Kendeng terhadap pendirian pabrik semen di Kendeng serta kekerasan yang terjadi di Papua dan dialami orang Papua—juga menjadi bahan bakar dalam penyusunan lirik lagu “Merdeka”.

Sehubungan dengan itu, melalui “Merdeka”, ERK ingin mengajak masyarakat untuk turut berdonasi dengan membeli lagu “Merdeka” di iTunes dimana seluruh penjualannya akan didonasikan untuk membantu mengirimkan tenaga pengajar di Papua.

 Video musik "Merdeka". Berkolaborasi dengan @AntonIsmael bersama Kelas Pagi Papua. Selamat menyaksikan #MerdekaERKhttps://t.co/m4xNXfoqP8

Photo Source: @antonismael_

Komentar