IslandSkanks-cover1

Siapa bilang ska telah mati?

“Ska is not dead!”, Itu adalah hal pertama setelah mendengar album kompilasi Island Skank – Never Forget Your Roots yang dirilis oleh PUKULRATA Records. Selain ska yang membuat album ini seperti angin segar di antara gemuruh genre lainnya yang lebih terekspos, kompilasi ini tambah istimewa jika dilihat dari daerah asal album ini dirilis: Bali.

Island Skank – Never Forget Your Roots diisi oleh band-band dengan akar musik atau genre yang berasal dari Jamaika; seperti ska, reggae, dan dub. Bahkan ketiga genre tersebut dileburkan dengan blues, punk, dan rock.

The Croto Chip, membuka kompilasi dengan lagu Percuma. Band lain yang digawangi oleh Booby Kool “Superman Is Dead” ini langsung membuat kita ingin berdansa! Setelah itu ada Pride of Lion yang mengajak kita menikmati hidup di That’s Wrong. Lagu ketiga ada Roots Radical dengan Struggle Sun, yang terdengar pengaruh dari Rancid. Garden Grove dengan Blazin’ di nomor empat mengajak kita ke dataran pantai yang tenang.

The Kool Katz dengan Bintang Terang menjadi lagu favorit P! di kompilasi ini. Dibuka dengan lineKenapa kau tanya pada bintang-bintang/tentang cinta mu yang telah hilang/jangan terus kau jadi bimbang”, The Kool Katz mengajak untuk nggak bersedih ketika patah hati dengan cara yang lebih keren dibandingkan band-band “Acara Pagi Hari” yang liriknya terasa dangkal. Selanjutnya ada Ska Teenagers Punk dengan lagu Brotherhood mengajak kembali berdansa melalui ska punk yang diusungnya.

Di ranah peleburan dengan blues, Jackknife Blues dengan judul lagu yang sama dengan nama band itu, berhasil menyayat hati dengan petikan gitar mereka. Senja milik The Street Wolf kembali mengajak kita merasakan ketenangan di pantai atau gunung, walaupun kalian mendengarkannya di perkotaan yang sumpek dan penuh polusi. Album kompilasi ini ditutup dengan dub santai oleh hidden track milik Speaker Separatis.

Tidak hanya sekedar menjadi alternatif dan pilihan kedua, album ini layak dan patut kalian dengarkan, rasakan, dan bergoyang!

Komentar