2018 06 06 06.14.09 1

Album split yang meresahkan sanubari terdalam

Hari Rabu (6/6) sore tiba sebuah paket di kantor Provoke! area Bandung. Ternyata paket ini dikirim langsung dari markas Royal Yawns yang berisikan sebuah cakram padat album split antara The Kuda grup Punk Rock asal Bogor yang digawangi oleh vokalis Adipati, gitaris Idam, bassist Jamur, dan drumer Ahong, dengan Vague unit trio Post-Hardcore/Punk/Indie asal Jakarta yang beranggotakan Yudhis di gitar dan vokal, Gary pada bass, dan ada Jan pada drum.

Usut punya usut, rilisan album split yang dikirim oleh Royal Yawns ke kantor Provoke! Bandung ini merupakan  kumpulan materi yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya dengan komposisi dua buah lagu dari Vague yang berjudul “Angan//Ingin” dan “Elsewhere//Somewhere”, dan tiga lagu dari The Kuda yang berjudul “Mabuk Kepayang”, “Buitenzorg”, dan “Balada Peperangan”.

Ada yang menggelitik dari album split ini, yaitu artwork cover album yang dikerjakan oleh seniman sembrono, Mufti Priyanka alias Amenkcoy sebagai penanggung jawab departemen seni rupa di album ini. Nggak cuma menggambar, di album ini Amenkcoy ambil andil dalam membacakan spoken words di salah satu lagu The Kuda berjudul “Balada Peperangan”.

Ketika lagu demi lagu diputar di player PC, sambil membaca susunan kata dalam lirik di album split ini, setelah ditelaah lebih dalam dari segi lirik dan musik, The Kuda melantangkan persoalan isu sosial yang dibungkus oleh riff-riff dan ketukan Punk Rock serta bebunyian audio samples dan suara-suara eksperimentasi gitar. Sementara itu, Vague mempresentasikan tema introspektif yang dibalut dengan gaya permainan musik dari fast-paced Hardcore/Punk hingga High Energy Rock dan melakukan eksplorasi apik dengan memasukkan unsur instrumen trumpet di salah satu lagunya. Album ini cukup menarik untuk disimak dan dimiliki.

CD The Kuda/ Vague sudah bisa didapatkan melalui pemesanan online di situs Royal Yawns pada tanggal 28 Mei 2018 lalu, dan dalam waktu dekat akan tersedia di etalase-etalase toko/distributor musik atau distro di kota kalian.

Simak salah satu lagu yang ada dalam album split di bawah ini:

 

coverIlustrasi cover album split oleh Mufti Priyanka alias Amenkcoy

the kuda photoThe Kuda

vague photoVague

2018-06-07 11.31.22 1

2018-06-07 11.31.24 1

2018-06-07 11.31.25 1

Komentar