Coldplay - ghost stories 2

Dirilis hari ini, 19 Mei, album Ghost Stories siap bikin ngawang, terbang dan ngilang Ke Hayalan, sambil nginget-nginget masa lalu

Hari ini, 19 Mei 2014, band britpop papan atas Coldplay resmi merilis album keenamnya, Ghost Stories. P! beruntung bisa dikasih dengar cuplikan kesembilan lagu barunya secara resmi oleh pihak Warner Indonesia. 

Kalau disuruh tutup mata dan nggak dikasih tau siapa band yang membawakan lagu-lagu itu, P! nggak bakal ngira kalau ini adalah album baru Coldplay. Galau, penuh sentuhan nada-nada elektro, dan selow banget lagu-lagunya. Musik-musik menghentak penuh beat macam Sound of Sound dan Viva la Vida minim terasa di album ini. Nggak heran deh kalau judul albumnya aja udah dark banget: Ghost Stories.

Tapi itu bukan berarti Coldplay dihindari. Kalau diresapi, lagu-lagunya Coldplay asik banget untuk menemani kita melewati momen-momen kontemplasi: kondisi tenang melempem sambil berhalusinasi. dari tiga single yang sudah dirilis duluan, Magic, Sky full of Star, dan Midnight pun kita udah bisa merasakannya. Enam lagu lainnya, nggak jauh beda nuansanya deh dengan tiga single itu.

Contohnya aja lagu Always in My Head. Coba dengerin lagu ini sambil ngeliatin foto mantan gebetan yang udah lo kejar dari kelas X-XII dan pas mau lo tembak, ternyata dia suka juga sama lo, sayang aja dia udah punya pacar. Dia nggak bisa putus karena udah dijodohin sama orangtuanya. Gawat deh. Lagu ini bakal mengantar lo ketemuan sama si gebetan, di khayalan.

Lagu lainnya yang patut disimak adalah lagu dengan judul satu huruf, O. Dibuka dengan piano, lagu ini cocok banget untuk nemenin kita rebahan di atas genteng sambil ngeliatin bintang malem-malem. Teh manis anget yang udah lo buat dijamin nggak bakal keminum karena lo udah asik ngawang, terbang dan menghilang. Apalagi lagi ada bagian liriknya yang ngajak kita untuk terbang "Fly on... Fly on"

Pokoknya, secara keseluruhan ini adalah Coldplay rasa baru deh. Mungkin lagu-lagunya ini nggak tepat untuk dibawain di acara pensi hepi-hepi, tapi tepat banget untuk dijadiin backsound malam muhasabah, renungan setelah hasil pengumuman UN, atau soundtrack untuk mandi di bawah kucuran shower setelah ngeliat pacar lo selingkuh.

Banyak yang bilang, kalau album ini adalah pelampiasan kegundahan hati sang Chris Martin karena hubungan dengan istrinya, Gwyneth Paltrow, berakhir. Chris Martin pun secara langsung pernah menyebutkan bahwa Ghost Stories ini berkisah tentang bagaimana sebuah peristiwa di masa lalu kita ijinkan untuk menghantui masa kini dan masa depan kita. 

Sebagai perayaan rilisnya album ke enam ini, Coldplay bakal bikin acara TV spesial. Sayang aja cuma ditayangin di kawasan Amerika Serikat dan Inggris. Tapi nggak usah risau, kita bisa beli dan langsung menikmati lagu barunya Coldplay-nya, di iTunes (iTunes.com/Coldplay).

O ya, jauh-jauhin pisau dan timeline mantan yah saat dengerin lagu-lagu ini.

Komentar