Setelah merilis EP yang bertajuk Infinite Fracture, tidak membutuhkan waktu yang lama bagi Ssslothhh untuk merilis album keduanya yang di beri judul Phenomenon
 
Beda sama EP Infinite Fracture yang dirilis dalam bentuk kaset, Ssslothhh yang berisikan 3 pria bernama Dede, Boink dan Dinar ini merilis album keduanya dalam bentuk cakram padat bersama Grimloc Record. Cover albumnya sendiri didesain oleh Herry Sutresna a.k.a Ucok yang menjadi nilai tambah, dan berhasil bikin kita penasaran terhadap 11 track yang ada di dalam album Phenomenon ini.
 
Above and Below jadi lagu pembuka dari Phenomenon sekaligus mengatakan selamat datang dengan riff guitar dan teriakan bersautan. Lagu yang satu ini terdengar lebih pelan temponya dibandingkan dengan versi live mereka. Walaupun begitu, gak perlu waktu lama untuk bikin lagu ini jadi track favorit kami. Setelah puas dihantam oleh Above dan Below, Oracle dan Distance menjadi santapan selanjutnya yang seolah tidak mengizinkan telinga untuk beristrihat. 
 
Di album keduanya ini, Ssslothhh juga mengajak musisi lain untuk ikut berpartisipasi seperti Miko (Alice) yang mengisi suara vokal di lagu Sequence. Dalam lagu Thief of Sleep, mereka bahkan berkolaborasi dengan Ridlo (Daud) yang mengisi vokal serta Agan (Vrosk) yang ikut menulis liriknya. Thief of Sleep sendiri jadi salah satu lagu yang mencuri perhatian kami karena ada salah satu part-nya yang terdengar nge-drone gitu. Phenomenon ditutup oleh lagu Cyclic yang menampilkan potongan suara Al Pacino di film Devil's Advocate. Lagu yang berdurasi 3 menit 40 detik ini pun menjadi penutup yang pas lewat suara bass di bagian outro yang menghilang secara perlahan.
   
Pada akhirnya, Phenomenon emang pantes jadi album yang wajib menghiasi rak CD kalian. Kalo lo suka dengerin Cult of Luna, Pelican, Neurosis dan band-band post metal lainnya, langsung aja serbu rilisan yang satu ini.
 
 

Komentar