thumb Deugalih-Folks-Anak-Sungai

Refleksi Si Anak Sungai

Ngebayangin musik mereka ketika dimainkan adalah, panorama pedesaan dengan hamparan sawah membentang luas dengan aktifitas para petani membajak sawah dengan kerbaunya, anak kecil berlarian memecah arus sungai. Ah, terlalu muluk-muluk pikiran ini menerawang, di mana kita bisa ngedapetin suasana kayak gitu lagi?

Ilalang, salah satu nomor di album Deugalih & Folks yang berjudul Anak Sungai yang bertanggungjawab membawa kita menghayal luas kayak tadi. Album ini cukup manusiawi dengan lirik yang sederhana dan susah diterka di tengah arus modernisasi yang sangat pesat. Minggu Pagi, lagu yang dikemas apik. Bercengkrama di rumah dengan keluarga, mungkin nonton film kartun era 90'an di Minggu pagi jadi sesuatu yang sulit kita temukan saat ini. Cukup bermain di taman dan bersenang-senang.

Termasuk orang yang beruntung bisa nonton mereka langsung manggung di alam terbuka. Kenapa beruntung? Bisa dibayangkan, komposisi musik yang Deugalih & Folks mainkan seraya mengajak pendengar untuk menyatu dengan alam. Folks, mungkin itu genre yang tepat dipasangkan dalam tubuh band ini. Folks yang dimaksud nggak melulu harus dengan sentuhan moderen kayak Fleet Foxes, Mumford and Sons atau sebagainya. Deugalih & Folks bermain dengan komposisi semi akustik dengan sentuhan irish flute dengan karakter vokal dari Galih yang tegas layaknya musisi grunge. Agak nyeleneh emang, ketika mereka memainkan musik yang tenang dan damai namun karakter vokal lebih cenderung "kasar" tapi percayalah, ini menjadikan signature yang khas dari band ini. Departemen lirik diisi dengan pemilihan kata yang cerdas, lebih tepat kalau lirik ini seperti musikalisasi puisi. Karena mungkin band ini sebelumnya sering membawakan musikalisasi sebelum Deugalih & Folks terbentuk seperti sekarang. Buat Gadis Rasid adalah salah satu saduran puisi milik Chairil Anwar yang dinyanyikan kembali oleh mereka di album ini dengan penuh jiwa dan diaransemen secara sempurna. Galih tampak all-out di lagu ini, merinding.

Deugalih-Folks-Anak-Sungai

Komentar