Denger nama Volcano Choir, kayanya belum terlalu banyak yang tau band yang satu ini, padahal band asal Wisconsin, Amerika Serikat ini telah terbentuk tahun 2005 lalu dan telah merilis album Unmap pada tahun 2009 silam.

Tapi kalo denger nama Bon Iver pasti pada tau deh sama band yang udah ngeluarin dua album dan satu EP ini. Emang apa hubungannya Volcano Choir sama Bon Iver? Jadi gini, Volcano Choir tuh band proyekan dari Justin Vernon, frontman dari Bon Iver, bersama Collections of Colonies of Bees, band post rock asal Winconsin.


Nah, beberapa waktu lalu Volcano Choir ngerilis album baru yang bertajuk Repave. Album yang satu ini cukup menarik perhatian sih karena album kedua dari Volcano Choir ini bisa jadi salah satu penawar rindu terhadap Bon Iver. Apalagi sebelum albumnya keluar, Volcano Choir sempet merilis 2 track yang ada di Repave ditambah satu mini dokumenter mengenai pembuatan album Repave.

Dan waktu yang ditunggu pun datang ketika album yang mulai digarap sejak tahun 2010 ini dirilis. Langsung aja deh yah, album Repave dibuka oleh Tiderays, lagu yang  sangat cocok dijadikan sebagai intro dengan suara piano plus petikan gitar akustik yang mendayu dan suara drum yang tidak terlalu keras dan ribet, tapi di bagian terakhir lagu ini terdengar seperti Bon Iver banget deh. Dilanjut ke lagu Acetate, kalo disimak, liriknya ini bercerita tentang kegalauan seseorang yang susah untuk mencari dan bertemu dengan pasangan hidupnya. Di track ke 3 ada lagu yang berjudul Comrade yang kece dengan suara piano dan dibagian reff-nya bisa bikin lo ikut bernyanyi-nanyi sendiri.

Berikutnya ada lagu Byegone, single album Repave yang udah ada juga video klipnya, sebenernya lagu inilah yang pertama dikeluarkan sebagai teaser album Repave yang membuat penasaran sama album barunya Volcano Choir ini, karena lagu yang satu ini sangat berbeda kalo dibandingin sama materi lagu yang ada di album Unmap. Dilanjut dengan Alaskans, Dancepack dan Keel yang gak berhenti bikin takjub dengan kejeniusan Justin Vernon dalam membuat lagu dan suara khasnya itu loh, gak ada yang bisa nyamain. Repave pun ditutup oleh Almanac, lagu yang dihiasi sedikit sampling yang pas banget deh jadi lagu penutup dari album Repave.

Secara keseluruhan album yang berisi 8 track lagu ini tidak mengecewakan, bahkan bisa dibilang kece banget deh. Buruan disimak biar lo bisa pamer  ke temen-temen kalo proyekan sampingannya Justin Vernon itu gak kalah okeh sama Bon Iver. 

Komentar