Dirilis oleh Abbey Road Studios

Lama gak kedengeran, James Walsh, pentolan dari band britpop Wales, Starsailor, tiba-tiba bikin kejutan di tahun ini dengan meluncurkan sebuah album berjudul, Lullaby. Album yang merupakan soundtrack film hasil adaptasi buku karangan Chuck Palahniuk ini merupakan hasil kolaborasi doi sama  Sacha Skarbek, songwriter yang pernah bekerja sama dengan Jason Mraz, Adele dan Lana Del Rey. Lullaby sendiri nyeritain tentang “Culling Song”, sebuah lagu tidur dari Afrika yang bisa membunuh anak kecil ketika mendengarnya.

Di album solo keduanya ini, James Walsh tampaknya tertarik menggunakan lirik dengan pendekatan yang cenderung lebih kelam namun dengan sisipan tema tentang harapan di dalamnya. Simak  track pertamanya, Road Kill Jesus. Dibuka dengan alunan gitar akustik dan dentingan piano, James Walsh kemudian bernyanyi “Some people say that death is the end , I know that’s different my friend. Found in the street as your spirit ascends , the Road Kill Jesus will mend”. Begitu pula dengan Start Again, yang menjadi single pertamanya. Dalam lagu ini, James Walsh membuka lagu dengan lirik yang cukup depresif, “And we all fall down, at the end of the showdown…”Galau berat bro. Namun, doi kemudian memberikan pengharapan lewat chorus-nya ,”We’re picking up the pieces of our lives, slipping through our fingers as the fire fills the sky. Here comes to see a change,rise up from the grave, we’ll start again.”

Dari segi musik, masih seperti di Starsailor, warna vokalnya yang ekspresif tetap menjadi ciri khas utama dari lagu-lagu yang dibawakannya ini. Bedanya, di Lullaby, doi cenderung mengemas setiap lagu dengan sentuhan balada dan folk. kesan dark juga lebih terasa akibat penambahan bebunyian dan nada yang membuat setiap lagunya terasa misterius.  Buat lo yang kangen sama Starsailor, lagu Start Again mungkin bisa dijadiin obat penawar. Lagu yang video klipnya morbid berat itu emang pas banget dijadiin single pertama, catchy banget soalnya.

Album ini emang mungkin gak nawarin sesuatu yang beda. Walopun begitu, lo yang butuh musik buat musim hujan ini, ato seenggaknya kangen sama  Starsailor, Lullaby udah cocok banget tuh buat nemenin lo, apalagi kan bentar lagi bulan Desember 2012.  Nah, sembari siap-siap buat beli albumnya, silahkan dicicipin dulu video klip dari single pertamanya yang nampilin seonggok tubuh manusia dengan formasi tulang yang udah berantakan.Selamat menikmati!

Komentar