Setelah 10 tahun, akhirnya “pecah telor” juga.
 
Buat lo yang sering nge-gigs ke acara-acara underground di Jakarta dan sekitarnya, mungkin tau dan pernah denger nama D’JENKS, band dirty reggae asal Jakarta yang kebentuk di kampus Moestopo 2003 lalu. Nah, setelah 10 tahun melalang buana dari panggung ke panggung, akhirnya mereka merilis debut album penuh yang berisikan 8 track yang cukup bahaya, 10 November 2013 lalu.
 
Album Selftitled, yang dikeluarkan oleh Paviliun Record, ini kental dengan nuansa reggae yang memadukan sound-sound galak ala punk rock. Selain Bob Marley, tampaknya mereka juga mengambil inspirasi dari band punk lawas kayak Toots and The Maytals sampai The Clash buat jadi referensi di album ini.
 
Reggae on the Stereo, yang jadi track pertama, membuka album ini dengan sangat pas. Nuansa reggae langsung disuguhkan sejak detik pertama.  Move On! dan Ganja Feelin’ juga salah dua lagu yang menarik dari album ini. Aransemen yang mereka suguhkan juga variatif dan nggak monoton. Oh iya, album ini juga memuat track Prison Blues, yang sempat jadi soundtrack di film layar lebar, Arisan 2.
 
Dalam penggarapan album perdananya ini, D’JENKS dibantu oleh beberapa musisi tamu seperti Reno Pratama (Renprats and Soul Brothers), Agustinus Pandji Mahardika (Pandai Besi),  dan Willy (Delerium Tremens). Album ini merupakan hasil jerih payah dan semangat para personil D'JENKS yang gak pernah surut dalam bermusik. Jadwal pekerjaan masing-masing personil yang sering bentrok satu sama lain menjadi kendala dalam perilisan album ini, alhasil proses rekaman yang dimulai sejak tahun 2007 menjadi tersendat-sendat.
 
Overall, album ini cukup menarik untuk disimak. Sayang aja, packaging artwork album ini masih cenderung standar, dan harusnya masih bisa dibikin lebih keren lagi. Tapi, buat lo yang merasa suka sama reggae, album ini bolehlah diburu. Seru dan segar. 
 
Track List Album DJENKS :
 
  1. REGGAE ON THE STEREO
  2. MOVE ON!
  3. GANJA FEELIN
  4. J.P.Y.B (Jalan Panjang Yang Berliku)
  5. (Please…) DON’T CENGENG
  6. MR. BROWN
  7. DO ME A REGGAY
  8. PRISON BLUES

Komentar