Jingga

Yang paling disebut ternyata adalah...

Bagi kalangan tertentu, musik adalah media komunikasi yang efektif. Lewat musik, lo bukan cuma bisa berkespresi, namun juga bisa menyampaikan aspirasi dan kritik sosial terhadap berbagai hal, termasuk terhadap presiden. Nggak heran, nama presiden sering banget disebut dalam musik, entah sebagai sasaran kritik atau juga sebagai sasaran pujian.

Nah, berikut ini beberapa nama presiden Amerika serikat yang sering disebut dalam sejarah musik Amerika. Dari yang disebut belasan kali, sampe yang disebut ratusan kali! Cekidot!

 

Jimmy Carter

Kali disebut: 17

Jimmy Carter menduduki peringkat keenam dengan 17 kali sebutan. Namanya ada dalam berbagai lagu lintas genre dan dari beberapa musisi dari System of a Down, Kenny G, hingga Mac Dre.

 

Donald Trump

Kali disebut: 33

Dari 33 penyebutan nama Donald Tump, ternyata 18 diantaranya diebut sebelum pemilihan presiden 2016 lalu. Penyebutan nama Donald Trump tersebut biasanya mengacu pada persona Trump sebagai entrepreneur.

 

Ronald Reagan

Kali disebut: 59

Walaupun jabatannya sebagai presiden dimulai dari tahun 1981 hingga 1989, ternyata nama Ronald Reagan sudah disebut dari tahun 1965 hingga 2017.

 

Bill Clinton

Kali disebut: 105 

Baik positif ataupun negatif, presiden ke 42 Amerika ini pernah disebut dalam berbagai konteks dalam musik. Salah satu lagu dari The Fugees yang berjudul "The Beast" bahkan menyamakan Clinton dengan Batman.

 

George W. Bush

Kali disebut: 116

Sama seperti Reagan, Bush juga adalah figut politik yang nggak disukai, bahkan di negaranya sendiri. Nama Bush banyak disebut dalam musik hip hop dan dikritik oleh rapper-rapper besar seperti  Young Jeezy, Lil Wayne, dan 50 cent.

 

Barrack Obama

Kali disebut: 309

Dengan posisinya sebagai presiden Amerika berkulit hitam pertama, Obama emang bawa banyak pengaruh untuk banyak orang, termasuk dari komunitas musik. Dari 309 kali penyebutan namanya, sebagian besar justru memujinya karena perannya sebagai perwailan kaum kulit hitam di Amerika.

 

Kalo lo bikin lagu untuk presiden Indonesia, kira-kira lo bakal bikin lagu untuk siapa? Jokowi? Habibie? Atau mungkin Soeharto? Yuk kasih tau di kolom komen!

Komentar