taylor lana madonna

Pernah nyangka nggak awalnya Katy Perry adalah musisi rock?

Kalo lo denger nama musisi terkenal, biasanya lo pasti langsung teringat sama lagu ter-hits dari mereka, dan ciri khas musiknya. Tapi musik emang terus berkembang dan selalu berubah, termasuk juga soal genre dan tren. Makanya, nggak jarang para musisi bisa berubah haluan musiknya, baik buat ngikutin tren yang ada atau eksperimen pribadi. Kayak beberapa penyanyi cewek terkenal ini nih.

1. Katy Perry

Banyak yang taunya Katy Perry melejit setelah merilis lagu ‘I Kissed a Girl’ tahun 2008 lalu. Nyatanya, Katy udah lama berkecimpung di dunia musik. Ia debut tahun 2001 dengan nama aslinya, Katy Hudson dan merilis musik Christian-rock! Beberapa tahun setelahnya, ia ganti haluan dan fokus di musik pop, hingga akhirnya sekarang jadi pop icon besar deh.

2. Madonna

Karena Madonna udah eksis di dunia musik lebih dari empat dekade, nggak heran kalo dia banyak gonta ganti style, genre, dan ciri khas selama masa kariernya.  Tapi yang paling mengejutkan terjadi di tahun ’90-an, ketika Madonna bertransformasi dari musik tradisional pop ke electronic-dance. Perubahan tersebut super drastis, tapi.... Madonna is Madonna, she can’t do wrong. Semua fansnya suka!

3. Gwen Stefani

Gwen Stefani mengawali kariernya di band ska-punk bernama No Doubt. Tapi waktu dia ngerilis album solo pertamanya di 2002, Gwen Stefani mutusin untuk mengubah genre jadi pop tulen. Sampe sekarang, musik-musiknya Gwen lebih banyak pop, tapi tetep nggak ninggalin roots punk nya.

4. Lana Del Rey

Kadang, perubahan nama dan genre musik bisa segitu berpengaruhnya loh sama karier seorang musisi, contohnya kayak lana Del Rey. Sebelum ngegunain nama tersebut, Lana berkarier dengan nama aslinya, Lizzie Grant dan mengusung musik-musik akustik. Tapi akhirnya doi mutusin ganti nama dan ganti genre musik jadi lebih dreamy indie pop, terbukti lebih sukses.

5. Nelly Furtado

Anak ’90-an pasti nggak asing sama Nelly Furtado. Di tahun 2000, ia melejit setelah merilis lagu bergenre pop-folk dengan judul ‘I’m Like a Bird’. Enam tahun setelahnya, Nelly Furtado ngeluarin album berjudul Loose dengan genre hip-hop!

6. Cyndi Lauper

Musisi legendaris Cyndi Lauper terkenal ngeluarin banyak lagu pop hits, kayak ‘Girls Just Want To Have Fun’ dan ‘Time After Time’. Yang nggak banyak orang tau, sebelum ia bersolo karier, Cyndi Lauper adalah lead singer dari band retro-rock bernama Blue Angel.

7. Miley Cyrus

Sepanjang 10 tahun karier Miley Cyrus, dia emang banyak bereksperimen sama musiknya. Di awal zaman Disney, musik Miley kental sama country pop, trus ia ganti haluan jadi lebih edgy dan electronic, pernah juga ke psychedelic rock, dan album terbarunya, Younger Now, kembali lagi ke roots awalnya, country pop dengan influence folk.

8. P!nk

Di awal 2000-an, P!nk lebih terkenal dengan genre R&B. Beberapa tahun kemudian, P!nk pun bertransformasi jadi “cool punk rocker” kayak yang kita kenal sekarang.

9. Taylor Swift

Naaah salah satu penyanyi cewek yang sering banget dibilang, “KAMU BERUBAH! KAMU NGGAK KAYAK DULU LAGI!” adalah Taylor Swift. Debut 10 tahun yang lalu, Taylor Swift menjadi America’s Sweetheart yang merajai musik country. Tapi setelah empat album bergenre country, Taylor berubah total dan terjun ke musik pop lewat album 1989, sampe sekarang.

Lebih suka genre yang dulu atau sekarang nih dari musisi-musisi di atas?

Komentar