Perjalanan, Formula, dan Resolusi MALIQ & D'Essentials Menuju Sweet Seventeen

Free Your Mind!

Music and Live Instrument Quality atau yang akrab disapa MALIQ & D'Essentials menginjak usia 16 tahun di 2018 ini. Puluhan lagu hits sudah mereka ciptakan. Bongkar pasang personel pun telah mereka lalui. Menjelang sweet seventeen, band yang beranggotakan Angga, Indah, Jawa, Widi, Lale, dan Ilman ini pun masih menjadi band yang begitu diidolakan oleh para penikmat musik Indonesia. Apa aja sih rahasia di balik perjalanan karier mereka? Apa aja tantangan terbesar MALIQ & D'Essentials selama berkarya? Di tengah kesibukannya, MALIQ & D'Essentials melalui Angga masih menyediakan waktu untuk ngobrol bareng P!. Yuk simak cerita serunya!

MALIQ & D'Essentials sudah memasuki usia 16 tahun dalam berkarya, bahkan bisa menjadi band produktif setelah menelurkan 7 album dalam 14 tahun. Apa sih formulanya?

Kami bisa produktif karena selalu mencoba terbuka terhadap lingkungan sekitar, selalu berkembang, dan nggak mengulang formula yang sama. Jadi setiap ada produk baru yang keluar, kami selalu mendapatkan inspirasi.

Gimana cara MALIQ & D'Essentials mempertahankan eksistensi di industri musik, terutama musik Indonesia mengingat selera musik orang Indonesia yang kini sangat beragam?

Kami nggak boleh menutup mata atas apa yang terjadi di sekitar, mulai dari sound-sound baru, jenis-jenis lagu baru, sampai lirik-lirik baru yang lagi trend. Bukan berarti kami meniru, tapi dengan kami mendengar karya orang lain, otomatis karya yang kami keluarin akan selalu up to date.

angga maliq

MALIQ & D'Essentials punya personel yang cukup banyak. Gimana proses kreatifnya saat memproduksi musik? Kalian pernah nggak sampe berantem gitu gara-gara beda pendapat waktu bikin lagu?

MALIQ & D'Essentials emang konsep awalnya dari Gue sama Widi. Begitu juga dengan penciptaan lagu yang kebanyakan dari gue sama Widi. Kemudian kami memercayakan Widi untuk jadi music director. Tapi, makin ke sini sebenernya Widi lebih berbagi dengan Lale dan Ilman untuk buat lagu bareng-bareng. Kalau perdebatan atau perbedaan pendapat itu nggak sampai berantem sih, pada akhirnya kan nanti lagu-lagu buatan kami tinggal didengerin ke orang lain dan dipilih mana yang enak dan yang tidak.

indah maliq

Apa aja sih inspirasi MALIQ & D'Essentials buat menghasilkan musik-musik progresif?

Kebetulan tim produksi kami, yaitu Widi, Ilman, Lale, dan Jawa memang bergerak di dunia produser. Jadi mau nggak mau mereka harus selalu up to date dan dari situlah mereka dapet sound-sound, chord, dan lirik yang progresif.

Ilman Ibrahim

Apa resolusi next project MALIQ & D'Essentials untuk tahun 2019?

MALIQ & D'Essentials akan selalu ngeluarin produk baik album, single, maupun konser. Di luar panggung sekalipun kami akan mengeluarkan produk. Cuma, biasanya kami melihat momentum aja sih, semua kami siapkan. Jadi, momen apapun yang dateng itu langsung kami kerjakan. Mungkin kalau tahun depan, saat MALIQ ulang tahun yang ke-17, kami akan keluar dengan sebuah konser atau album.

Waah, jadi penasaran yah sama lagu-lagu dan album MALIQ & D'Essentials yang akan datang. Semoga aja musisi-musisi lain bisa terinspirasi dengan semangat MALIQ & D'Essentials untuk menghasilkan karya yang penuh eksplorasi. Salut!

Komentar