the dare whatsapp image 2019 03 27 at 3.56.59 pm

Seru niih!

The Dare sedang menikmati bulan madu bersama EP "Inthrovvvert". Perlahan tapi pasti, kuartet asal Lombok yang beranggotakan empat wanita bernama Riri (vocal, gitar), Desita (drum), Meigaali (bass) dan Yollanang (gitar) bisa mencuri perhatian para penikmat musik. Lagu-lagu seperti “Inthrovvvert,” “Fameinkiss,” dan “Gum Underdesk" menjadi 'candu' yang membius mata, hati, hingga telinga banyak orang. Ingin tahu lebih banyak soal The Dare? Langsung aja simak wawancara P! dengan The Dare berikut ini.

P!: Boleh cerita awal mula terbentuknya band The Dare? Apakah berasal dari sebuah pertemanan atau memang karena direncanakan untuk sebuah proyek?

Riri: Awalnya kami terbentuk dari pertemanan, jadi ada yang, 'kamu buat band dong'. Akhirnya ketemulah Desi karena dikenalin dari teman, terus dikenalin lagi sama Yollan, terus ketemu juga sama Meiga. Akhirnya kami bertemu dan terbentuklah The Dare. Intinya kami terbentuk karena dari awal dianjurin sama temen. Tapi sebelumnya aku udah kenal sama Meiga karena kakak kelas, kalau sama yang lainnya emang baru kenal karena mau bikin proyek untuk band ini.

P!: Kenapa dikasih nama The Dare?

Semua berawal dari kata 'dare' yang artinya berani. Kami adalah cewek-cewek berani yang keluar dari zona nyaman cewek-cewek pada umumnya. Simpelnya, kami adalah cewek-cewek yang berani. Di Lombok itu nggak ada band cewek selain kami, jadi kami berani bikin band yang anggotanya cewek-cewek.

P!: The Dare baru terbentuk di Februari 2018 dan kemudian langsung merilis EP "Inthrovvvert" di tahun yang sama. Apa yang memotivasi The Dare untuk produktif dalam berkarya?

Karena kami ngeband dengan fokus, nggak sekadar haha hehe, dan kami pengen langsung bikin EP biar cepat rilis. Kebetulan dalam waktu dekat setelah kami terbentuk juga mau ada Record Store Day, jadi kami ngejar itu. Ini semua juga terjadi berkat bantuan teman-teman yang membuat kami bisa dengan cepat merilis EP.

P!: Gimana sih proses penggarapan EP "Inthrovvvert"?

Penggarapan EP Inthrovvvert kami dibantu teman-teman. Kebetulan artwork dibantu Vio. Terus untuk masalah packaging, produksi, dan lain-lain memang dari manajer kami, Timmy. Kami juga dibantu banyak teman lainnya. Untuk lirik dan musiknya kami bikin bareng-bareng.

50264415 568662273609649 5154087855885781809 n
via Instagram/__thedare__

P!: Kalau untuk penciptaan lagu, The Dare punya ramuan/ritual khusus nggak? Misalnya lebih ke jam session mungkin?

Soal lirik lagu, kami bikin dan rembuk dulu tema lagunya, kemudian konsepnya, terus kami dengerin demonya, baru setelah itu proses untuk menulis liriknya.

P!: Biasanya The Dare terinspirasi dari apa sih saat membuat lagu?

Kami lebih melihat ke keadaan sehari-hari dan pengalaman pribadi. Misal waktu kami lihat ada orang yang diem-diem aja, wah itu berarti introvert tuh. Dari situ kami bikin lagu yang judulnya "Inthrovvvert". Judulnya juga kami buat unik biar nggak mainstream, karena kan udah banyak tuh yang pakai 'introvert' biasa. Nah begitu ada yang cari di internet dan yang muncul adalah "Inthrovvvert", orang bisa langsung teringat The Dare.

P!: Lagu apa yang paling susah dibuat dan dibawakan?

Kalo musiknya sih simpel-simpel aja karena kami lebih fokus ke liriknya. Tapi kalau dibawakan, khususnya untuk vokal, yang paling susah adalah "Gum Underdesk", karena falsetto dari awal sampai akhir. Masuk angin dikit tuh suara langsung putus.

41933561 270633136912321 6841189780672492582 n
via Instagram/__thedare__

P!: Melihat antusiasme masyarakat pada EP "Inthrovvvert" dari The Dare, apakah ini memang sesuai ekspektasi? Gimana pendapat The Dare terkait respon masyarakat ini?

Kami bersyukur banget dan bener-bener di luar ekspektasi, karena awalnya kami seneng-seneng aja. Terus setelah dirilis ternyata nggak nyangka banget karena bener-bener diterima banyak orang.

P!: Saat menjalani tur Gelombang Cinta Vol.2, apakah The Dare punya misi khusus?

Yang jelas promo dan memperkenalkan The Dare dan EP kami juga. Ada beberapa lagu kejutan yang bakal dibawakan secara spesial di tour ini.

P!: Untuk ke depannya, The Dare bakal ada proyek apa lagi? Album penuh sudah direncanakan untuk rilis?

Untuk waktu dekat kami bakal rilis album penuh di tahun ini. Kami juga mau rilis video klip "Inthrovvvert" secepatnya.

Menarik untuk menantikan kiprah The Dare bersama album penuhnya yang akan datang. Buat yang masih belum tahu dan penasaran dengan lagu-lagunya, kalian bisa mendengarkan The Dare lewat platform digital seperti Spotify maupun YouTube. Enjoy!

photo header Dokumentasi Provoke!

Komentar