answer sheet foto 3467

Bukan sembarang clickbait.

Terbentuk sejak tahun 2010, Answer Sheet masih terus mempertahankan eksistensinya dalam berkarya. Bongkar pasang personel pun nggak membuat band yang beranggotakan Ogi (Ukulele, Vocal, Live Loop), Suryo Baskoro (Lead Guitar), dan Faizal Aditya (Bass) ini menyerah begitu saja. Dengan formasi terkini, Answer Sheet terus menyuarakan semangat bahagia dalam bermusik. Mereka bahkan kembali mencuri perhatian kala merilis single berjudul "Clickbait". Bersama Ogi, Provoke! berkesempatan untuk berbincang soal perjalanan Answer Sheet di industri musik Indonesia. Syikatt!

Halo Answer Sheet, sekarang lagi sibuk apa nih?

Sekarang Answer Sheet lagi mau rekaman lagi, untuk materi single sih. Nanti kalau misal ada lagu yang lain lagi untuk direkam berarti jadi album juga. Tahun lalu juga kami udah rilis single judulnya "Clickbait" dan ada video musiknya juga. Yang terbaru kami ada proyek namanya Gori Terasi, ini adalah proyek live video di YouTube yang menampilkan live performance kami dan itu mainin materi baru di tempat yang bukan untuk ngeband pada umumnya.

Sedikit flashback, boleh cerita awal terbentuknya Answer Sheet?

Awalnya aku sama temanku di SMA bikin duo. Jadi Answer Sheet format awalnya duo ukulele. Kami rilis album pertama tahun 2013. Terus kami bikin demo dan ternyata banyak yang suka. Dulu masih zamannya Myspace, bahkan kami masih distribusi lagu dan album lewat Kaskus. Entah gimana ceritanya, mungkin saat itu momentumnya pas dengan musik-musik folk. Waktu itu yang lagi naik ada Endah N Rhesa dan Adhitia Sofyan. Konsepnya sama-sama bedroom recordings, sama seperti kami. Jadi dari Jogja waktu itu yang terekspos Answer Sheet. Setelah itu, temanku cabut, dan akhirnya sekarang formatnya bertiga pakai live looping, ukulele, gitar, dan bas.

Kenapa sih memilih pakai nama Answer Sheet?

Spontan aja sih karena kan namanya anak SMA ya. Waktu itu di depan ada Lembar Jawaban Komputer, yaudah jadi namanya Answer Sheet aja gitu. Tapi maknanya mungkin ya, hidup itu kan ujian ya, jadi kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengisi lembar jawab itu. Hahaha.

Gimana sih proses kreatif dalam pembuatan album dan lagu-lagunya?

Biasanya kalau dulu cuma genjrengan, ngisi part, dan lain-lain. Kalau sekarang, karena udah pakai teknologi 2019, selain live looping kami juga memakai sequencer dan lain-lain, yang membuat kami jadi lebih bebas. Di sisi lain juga lebih lama prosesnya karena kami menyambungkan ornamen lain. Ini membuka peluang kami juga, jadi teman-teman bisa ngisi berbagai part dengan lebih bebas.

Dari sekian banyak lagu yang udah dibuat, mana sih yang paling favorit?

Kalau favorit beda-beda, tapi aku pribadi "Clickbait". Jadi ceritanya itu lagu pertama yang aku bikin pakai bahasa Indonesia. Liriknya termasuk lugas juga, dalam artian nggak kebanyakan kata-kata yang implisit. Terutama, pembuatan video klipnya kami nggak nyangka karena kami udah bikin berbagai macam scene untuk green screen, ternyata sebulan setelah kami take, John Mayer rilis video klip "New Light" yang pakai green screen juga. Terus akhirnya kami cepet-cepet edit dan besoknya langsung rilis. Ternyata bener, dalam waktu sehari dua hari video "Clickbait" rilis, langsung dapat tiga ribu views karena setelah John Mayer rilis, kami ada di nomor dua kalau orang mencari video klip John Mayer itu.

Kalau lagu yang paling menantang buat dibawain live?

Lagu baru sih, yang pertama kali kami bawakan secara live. Mungkin karena persiapan para pemain akan beda ketika live dari saat latihan, nah jadi kami nyari keluwesan mainnya, enaknya gimana.

Ada nggak, siasat khusus dari Answer Sheet supaya tetap bisa eksis dan menarik perhatian?

Kalau kami sebenernya lebih ke posting karya-karya kami ke media sosial. Kami juga kan udah lama banget di Jogja dari tahun 2010, tapi band angkatan kami udah pada nggak ada. Yang jelas kalau masalah pemasukan, bisa dari merchandise, rilisan fisik, digital, dan lain-lain. Ketika cara mengonsumsinya udah beda, jadi malah bisa membuka peluang juga. Misal kalau dulu harus cari musik di warnet atau dari temen. Kalau sekarang di Spotify udah banyak kan.

Ada pesan dan kesan nggak buat teman-teman musisi supaya bisa awet dan semangat saat bermusik atau ngeband?

Kalau Answer Sheet sendiri sekarang masih santai, kami main band, rilis karya buat menjaga eksistensi yang ada. Tapi saranku sih, dari pengalaman, intinya adalah ego dari masing-masing personel yang harus dijaga. Aku, Suryo, sama Faizal udah dari 2014 dan ini adalah formasi kami yang paling stabil. Kami juga senang-senang aja dalam kondisi yang sekarang ini, masih bisa ketemu dan bercanda. Dalam berkarya pun, kami juga masih bisa membagi porsi, karena terkadang itu agak susah.

Komentar