Camera
Canon EOS 7D
Focal Length
18mm
Aperture
f/3.5
Exposure
1/25s
ISO
6400

Disela-sela kesibukan mereka yang tengah mempersiapkan Djarum Super Rockadventure, Provoke! dapet kesempatan bincang-bincang santai dengan band asal Bandung yang baru aja nyabet Golden Gods Awards Metal Hammer untuk kategori Metal as Fuck ini. Yuk simak obrolan kami dengan Burgerkill soal pengalaman mereka selama di London. 

Bagaimana nih perasaan setelah menang Golden Gods Metal Hammer kategori Metal as Fuck?

Perasaannya yang pasti seneng. Gila! kita gak mimpi dan gak berani mimpi untuk bisa sampai kesana, tapi ini kita malah dapet nominasi Metal as Fuck dan menang pula. Ini sebuah pencapaian yang sangat tinggi buat Burgerkill. Bonus dari kerja keras kita selama 18 tahun.

Gimana Burgerkill bisa masuk nominasi Golden Gods?

Jadi pertamanya tahun 2006 kita sempet ngirim demo album Beyond Coma And Despair ke Dom Lawson, jurnalis Metal Hammer. Dari situ komunikasi kita dengan Dom Lawson tetap berjalan dengan baik. Nah, di tahun 2011 Dom lawson sempet dateng ke Indonesia dan menyaksikan Bandung Berisik, dan ternyata dia sangat kagum banget dengan antusias para metal head di Indonesia. Kalo soal masuk nominasi kita pun gak tau kenapa kita bisa masuk . Malahan kita tau dari twitter kalo ternyata Burgerkill masuk nominasi Golden Gods Metal Hammer. Kita menghubungi Dom Lawson untuk lebih meyakinkan kebenaran berita tersebut. Kalau kata Dom Lawson kenapa Burgerkill masuk nominasi karena serasa menemukan sebuah harta karun di dalam Burgerkill, dan untuk di komunitas metal di Indonesia.

Setelah dapet awards ini, apresiasi para metalhead di Inggris terhadap Burgerkill kayak apa?

Gila! mereka melihat ajang Golden Gods Award itu sebagai ajang yang sangat besar dan ketika kita kesana, kita dapet bonus untuk menghadiri Download Festival, dan orang-orang sana tuh sangat menghargai kita. Mereka nyamperin kita buat nanya-nanya gimana scene di indonesia, gimana perkembangan musik metal di Indonesia. Di backstage Golden Gods itu semua sama rata, dan kita ngobrol biasa aja. Mereka nyamperin kita nanya-nanya masalah komunitas perkembangan musik metal di Indonesia dan menanyakan perasaan ketika lo memenangkan kategori ini seperti apa. Sangat humble dan down to earth semuanya.

Ngeliat respon dari mereka yang berada disana, ada rencana dari Burgerkill untuk merilis album disana atau mungkin mengadakan tur di Eropa?

Rencana ada, kita pengen ngerilis dulu album Venomous di sana dan mudah-mudahan kalo ada rezeki kita bisa tur di London itu dan Eropa.

Selama berada di London adakah kejadian lucu yang kalian alami? 

Ah banyak. Jadi kita disana tuh seminggu, dateng ke airport langsung dijemput Dom Lawson, diajak langsung kemping di Download Festival, dan kita gak ada persiapan, gak bawa charger, jaket, dan lain-lain. Kata si Dom Lawson di London tuh lagi summer, ternyata summer-nya Inggris itu sampe 14 derajat. Terus kita cuman pake satu lapis jaket, ya jadinya kedinginan banget. Tapi disana tuh ada sesuatu yang bener-bener menarik. Jadi yang dateng ke Download Festival tuh emang orang-orang yang fun. Kalo lo gak fun mending diem di rumah. Jadi ketika kita lagi berpindah area di Download Festival tuh pasti ditanya sama security "are you enjoy?

Sebelum Burgerkill dipanggil, kan diputerin video footage dari Burgerkill, responnya gimana?

Sebelum kita naik ke stage si Dom Lawson yang speech bilang kaya gini sama Metalhead yang hadir "saya menemukan harta karun di tubuh Burgerkill dan harta karun itu adalah komunitas di Indonesia, dan Burgerkill lah yang mebukakan pintunya"

Apa kata pertama yang keluar ketika mengetahui kalo Burgerkill dapet Golden Gods Awards untuk kategori Metal as Fuck?

Anjing edan!!

Siapa yang berjasa  menjadikan Burgerkill bisa sejauh ini?
Fans and Friends
 
Rencana ke depan dari Burgerkill?
Kita ada tawaran untuk manggung di salah satu festival di Nepal tapi masih belum fix karena harus ngatur schedule dulu. Terus rencananya awal tahun bakalan maen lagi di Australia. Dan kita juga bakal ada kolaborasi dengan Anti Denim, jadi dengan membeli produk dari Anti Denim tersebut ntar bisa dapetin juga vinyl 7" yang berisi 3 lagu dari Burgerkill.  
 
 
 
 

Komentar