Album fisik ataupun digital sama saja. Yang penting: dukungannya.
Banyak yang percaya dan sepakat kalo produk utama dari seorang musisi adalah lagu. Bukan merchandise kayak kaos, topi, sticker, atau aksesoris lainnya. Meski nggak salah juga buat beli merchandise ini yah. Tapi, kayaknya akan lebih ideal kalo kita tuh membeli album atau singel orisinil dari band atau penyanyi idola kita. Entah itu album fisik ataupun album format digital yang ngetren belakangan ini.
 
Yap! Di era modern sekarang ini, ada banyak pilihan format album yang tersedia. Mulai dari yang berbentuk fisik, kayak cd, kaset, piringan hitam, sampai ke format digital model flash disk, atau download berbayar, semua ada. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya, tentunya.
 
Setiap kita pun punya selera masing-masing. Ada yang sudah puas dengan kualitas CD yang bersih, ada yang ngerasa kangen ngegulung pita kaset pake pensil, ada yang merasa orgasme ketika mendengarkan bunyi kresek dari piringan hitam, dan nggak sedikit juga yang cinta sama kepraktisan mp3 yang punya portabilitas tinggi.
 
Apa pun pilihan kita, pastikan kita mendukung artis idola kita dengan membeli karya mereka secara resmi. Ini juga demi keberlangsungan scene musik, tentunya.
 
Ah, tapi mereka kan udah kaya? Buat apa sih ngasih duit ke artis yang notabene udah berkecukupan? Eitss! Tunggu dulu.
 
Adalah salah besar kalo kita berpikir bahwa ketika kita membeli lagu atau album itu kita hanya memperkaya si artis atau pun pemilik label. Sesungguhnya ada hajat hidup orang banyak di dalam proses pembuatan sebuah lagu itu. Mulai dari pegawai di kantor label rekaman, pemilik dan penjaga studio latihan, sound engineer, pabrik cd, percetakan, toko cd, sampai sekadar tukang makanan dan minuman di sekitar studio tempat mereka berkarya.
 
See? Hal kecil seperti mengunduh lagu secara ilegal ternyata percaya atau nggak ber-impact besar terhadap keberlangsungan -so called- industri musik. Yes, illegal download is so not cool! Jadi, mari sisihkan sedikit uang untuk membeli rilisan asli artis idola kita. Mau bentuk fisik atau digital, silakan saja. Yang penting, dukungannya. Yukk!

Komentar