selain personil band

Bisa bikin band lo jadi keren dan beken.

Jadi artis atau pemain band emang asik banget. Selain bisa nunjukkin skill bermain alat musik, kalian juga bisa ditonton banyak orang dan digemari penggemar yang begitu banyak. Eits, tapi hal itu nggak akan bisa berjalan baik tanpa adanya bantuan dari rekan-rekan yang membantu dari belakang.

Buat kalian yang merasa udah ‘putus asa’ nge-band, ada baiknya nih coba beberapa posisi yang masih berkaitan dengan band. Apa aja sih posisi-posisi tersebut?

1. Personal Manager

Buat kalian yang nge-band biasa ngatur tapi nyerah nggak bisa ngelanjutin band kalian, posisi ini pas buat dicoba. Bisa dibilang, Personal Manager merupakan tim inti pada sebuah band. Eits, tapi di sini seorang Personal Manager nggak perlu ikutan tampil di atas panggung loh atau ikut kemana pun si band beraksi. Tugasnya selain menjual produk band tersebut, Personal Manager bertugas untuk mencari tim produksi, menyusun strategi, dan mengatasi masalah internal sebuah band. Tapi inget, segala yang ingin dikerjain harus diobrolin juga sama anak band-nya, supaya nggak terjadi salah paham.

2. Road Manager

Nah, kalo Road Manager bisa dibilang sebagai assistant Personal Manager. Tugasnya menjalankan job desk yang diberikan oleh Personal Manager. Seorang Road Manager bertanggung jawab memenuhi kebutuhan band dan crew band (Sound Engineer, Teknisi, Dokumentator) di sebuah acara. Road Manager juga harus bisa nenangin semua tim, termasuk personil band yang grogian. Posisi ini cocok buat anak band yang putus asa tapi pecicilan orangnya.

3. FOH dan Monitor Sound Engineer.

Dalam sebuah pertunjukkan, tugas seorang FOH dan Monitor Sound Engineering cukup penting. Soalnya nih, suara-suara yang dikeluarkan oleh pemain band dari instrumen yang dimainkan harus terdengar enak, baik di atas panggung atau pun yang mengarah ke penonton. Di Indonesia sendiri, sangat jarang loh orang  yang bisa mengatur sound dengan baik saat pertunjukkan berlangsung.  Jadi, jangan anggap remeh tugas seorang sound engineering. Cocok buat anak band yang sering ngulik lagu.

4. Teknisi Instrumen

Selain sound engineer, dalam sebuah pertunjukkan band sangat diperlukan sekali seorang Teknisi Instrumen. Tugasnya adalah, mengatur karakter suara yang diinginkan pemain band dan menjaga perlengkapan alat yang dibawa oleh pemain band. Ada baiknya juga, teknisi disiapkan sesuai jumlah pemain band tersebut. Hal ini dimaksudkan, bila terjadi masalah teknis, teknisi bisa sesegera mungkin memperbaiki masalah tersebut. Biasanya sih, teknisi instrumen untuk masalah sound lebih teliti ketimbang pemain band tersebut.

5. Dokumentator (Photographer dan Videographer)

Posisi ini sering banget disepelekan oleh kebanyakan band, padahal dokumentasi sangat penting untuk ‘mencatat’ perjalanan karir suatu band. Seorang Dokumentator juga harus cekatan mengambil momen-momen penting dalam sebuah band. Yang di bandnya punya hobi narsis di depan kamera, posisi ini cocok untuk dicoba.

6. Pacar Personil Band

Nggak ada hubungannya sih sama ngeband, tapi posisi ini bisa loh nambah bikin pede para personil band. So, yang gagal ngeband tapi jomblo, cari gih pacar yang ngeban, kan enak tuh bisa sharing bareng tentang musik.

7. Penonton

Posisi ini kalo lo udah ngerasa stak banget. Putus asa ngeband, terus nggak bisa coba 6 (enam) poin di atas, jadi ya lebih baik jadi penonton. Karena kasian kan kalo udah ngeband bagus-bagus, eh nggak ada penontonnya. 

Komentar

Login to P!