dropout

Bukan buat dicontoh yaaaa.

Masing-masing orang emang punya mimpi dan cita-citanya masing-masing, tapi sekolah tetep penting bro. Gimanapun juga pendidikan kan hak dan kewajiban semua orang ya, dan dengan sekolah, yang akan metik hasilnya nanti toh kita sendiri. Tapiiii, nggak semua orang bisa dan mau nih ngelaksanain sekolah sampe selesai. Dari mulai masalah ekonomi, sampe yang beralasan pengen ngejar karier di bidang lain, salah satunya musik.

Nggak cuma di Indonesia aja, banyak musisi-musisi muda nan terkenal di dunia ternyata harus drop out dari SMA nya nih. Kalo Nick Jonas atau Sabrina Carpenter bisa tetep nyelesain SMA di tengah-tengah puncak kariernya berkat homeschooling, beberapa musisi muda lainnya ini terpaksa harus drop out, atau emang memilih buat berhenti SMA. Nih, beberapa di antaranya:

1. Harry Styles

Setelah ikutan audisi The X-Factor waktu masih 16 tahun dan akhirnya gabung sama One Direction, Harry semacam "yakin" kalo emang dunianya adalah musik. So, di tengah-tengah awal kariernya itu, mantan pacar Taylor Swift ini mutusin buat drop out dari sekolahnya demi bisa all out sama 1D. Hmmm, nyesel nggak yaa? Kalo diliat dari kesuksesannya sekarang sebagai salah satu member boyband tersukses dan baru aja ngerilis single solo sih mungkin......... (isinya cuma Harry yang tau).

2. Niall Horan

Satu lagi anak One Direction yang nggak bisa nyelesain masa SMA karena karier adalah Niall. Tapi cowok Irish ini ternyata bilang kalo dia nyesel. "I wish I'd finished school. I never got to finish my last exam." Uuuuh sedih.

3. Luke Hemmings

Ngambil keputusan gede di umur yang masih muda emang nggak gampang. Tapi Luke Hemings, lead singernya 5 Seconds of Summer ini mutusin buat keluar dari sekolah dan pindah ke Inggris demi ikutan tur sama bandnya. Sebenernya Luke sempet ikutan sekolah online buat ngejar ketinggalannya selama tur (apalagi ibunya adalah guru matematika), tapi akhirnya nggak selesai, dan Luke sampe sekarang nggak punya ijazah SMA deh.

4. Calum Hood

Serupa tapi nggak sama nih. Calum Hood juga ninggalin bangku SMA demi 5SOS. Tapiiii yang unik, awalnya Calum nggak berencana drop out demi musik sih, soalnya sang bassist ini tadinya pengen berkarier sebagai pemain sepak bola profesional.

5. Michael Clifford

Sekolah kayaknya emang bukan favoritnya anak-anak 5 Seconds of Summer. Michael Clifford adalah orang ketiga di 5SOS yang nggak lulus SMA gara-gara mutusin buat milih karier bermusik.

6. Drake

Di umur 15 tahun, Drake drop out dari sekolah, tapi bukan buat ngejar kariernya sebagai musisi. Waktu itu, Drake bermain sebagai Jimmy Brooks dalam 'Degrassi: The Next Generation' dan terpaksa berhenti SMA biar fokus sama kerjaannya. Yang inspiring adalaaaah, sang rapper bolah aja D.O dulu, tapi pada akhirnya doi bisa namatin SMA nya di umur 25 tahun! Drake meraih skor 97 persen dalam final exam-nya dan akhirnya dapetin ijazah SMA.

7. Austin Mahone

Penyanyi muda ini tadinya sering di-bully temen-temen sekolahnya gara-gara posting video-video di Youtube. Austin mutusin buat berhenti SMA, dan ngebuktiin ke temen-temen yang dulu nge-bully dirinya kalo berkat video Youtube nya tersebut, ia sukses ngejar karier di dunia musik.

8. Ed Sheeran

Bakatnya Ed Sheeran di bidang musik emang udah keliatan dari masih kecil. Saat ia mulai nulis lagu di bangku SMA, Ed keterima di National Youth Theater, dan akhirnya mutusin buat berenti sekolah demi fokus 100 persen di dunia musik.

9. Tyga

Rapper Tyga juga ninggalin bangku sekolahnya buat berkarier di dunia musik sejak dini, dan kayaknya sampe sekarang nggak nyesel tuh.

10. Joey Bada$$

Rapper muda ini emang nggak nyelesain sekolahnya, tapi di tahun 2014, dia kembali ke sekolahnya tersebut. Bukan buat ngelanjutin sekolah lagi sih, tapi buat ngasih donasi sebesar 10 ribu dollar atau sekitar 130-an juta rupiah buat ngebantu program musik di sekolahnya itu.

 

Yak itulah beberapa musisi muda yang nggak tamat SMA nih, guys. Tapiiiii, nggak perlu dicontoh juga ya. Walaupun lo udah yakin banget lo bisa setenar mereka. Sekolah tuh penting, dan masa-masa SMA nggak akan terlupakan sih!

Komentar