bts vidpic 052117 1280copy

K-Pop is taking all over the world!

Nggak salah kalo aktris Emma Stone yang juga fans berat 2NE1 pernah bilang, "K-Pop is global phenomenon!". Selama seenggaknya 10 tahun terakhir, dunia entertainment-nya Korea Selatan emang berkembang pesaaaatttt banget. Bukan cuma di negara asalnya ataupun sekitar Asia, K-Entertainment khususnya K-Pop juga mulai sukses berekspansi sampe ke Eropa bahkan Amerika Serikat.

Udah nggak asing sekarang kalo kita ngedenger seorang idol atau sebuah boy/girlband menggelar World Tour Concert. Karena fans-fans mereka nggak cuma ada di Korsel, melainkan di banyak negara. Fandom yang kuat dibuktiin baru-baru ini dengan menangnya BTS sebagai 'Top Social Artist' di acara Billboard Music Award, menjadi grup asal Korsel pertama yang membawa pulang penghargaan tersebut sekaligus berhasil mengalahkan Justin Bieber sampe Ariana Grande.

Sebelum BTS, ada beberapa grup K-Pop lainnya yang juga berhasil menorehkan nama mereka di panggung penghargaan internasional lainnya. Siapa aja?

1. BIGBANG

Banyak yang bilang kalo BIGBANG is the king of K-Pop! Kayaknya sebutan itu emang pantes banget disematin ke G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung dan Seungri. Lebih dari 10 tahun berkarier di dunia entertainment, BIGBANG ngebuktiin kalo eksistensi mereka masih nggak bisa ditandingi siapapun! Bukan cuma berhasil mecahin banyak rekor baik di negaranya maupun di internasional, BIGBANG juga langganan mengoleksi penghargaan musik.

Untuk skala internasional, BIGBANG pernah beberapa kali menang juga nih. Di luar Korea dan Jepang, BIGBANG pernah dateng ke MTV Europe Music Awards 2011 untuk menerima penghargaan 'Best Worldwide Act', dapet tiga penghargaan dari World Music Awards 2014 sebagai 'World Best Group', 'World's Best Live Act', dan 'World's Best Video of the Year', trus juga memenangkan penghargaan sebagai 'Honored Artist' di acara YouTube Music Awards 2015. Di 2016, BIGBANG menyabet penghargaan 'Best Artist From The World' dalam acara Italian MTV Awards. Tahun 2017 ini, BIGBANG juga masuk nominasi sebagai 'Favorite Global Music Star' di Nickelodeon Kid's Choice Awards walaupun lagi nggak ada aktivitas!

2. Super Junior

Boyband K-Pop senior lainnya, Super Junior juga berhasil beberapa kali memenangkan international awards. Sebelum ada EXO, BTS, iKON, dan macem-macem lagi boyband yang populer sekarang, SuJu nggak bisa dipungkiri adalah salah satu pionir yang berhasil ngebuka jalan untuk K-Pop sampe akhirnya bisa dikenal dunia. Udah lebih dari 10 tahun malang melintang, SuJu juga diapresiasi dunia internasional dengan memenangkan penghargaan sebagai 'Best Live Act' di World Music Awards 2013, serta menjadi grup asal Korea Selatan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di Teen Choice Awards lewat 'Choice International Artist' dan 'Choice Fandom' tahun 2015.

3. 2NE1

Walaupun tahun lalu akhirnya mengumumkan bubar setelah 7 tahun berkarya, jejak prestasi yang ditinggalkan 2NE1 nggak bakalan hilang. Sebagai girl band tersukses di dunia, 2NE1 ngoleksi banyaaaaakkk banget penghargaan, baik skala nasional, se-Asia, sampe di internasional. 2NE1 tiga kali memenangkan awards di MTV Iggy sebagai 'Best New Band in the World' tahun 2011, 'Song of the Summer' tahun 2013, dan 'Song of the Year' tahun 2014 lewat lagu 'Gotta Be You'. Tahun 2015, 2NE1 juga dianugerahi penghargaan 'Honored Artist' di acara YouTube Music Awards.

4. EXO

EXO selain sukses di Korea Selatan dan punya banyaaaakkk banget fans-fans di berbagai negara, juga berhasil ngebawa pulang banyak penghargaan. Nggak heran sih, soalnya tiap comeback, lagu-lagu EXO pasti melejit di chart digital dan sukses terjual di pasaran. Selain penghargaan yang diterima di negara asalnya dan di acara penghargaan Asia, EXO juga berhasil menyabet gelar 'World's Best Song' lewat lagu 'Growl' di acara World Music Awards 2013 dan 'Best Japan & Korean Act' di acara MTV Europe Music Awards 2014.

5. Girls Generation

Sebagai National Girl Group nya Korea dan sering banget dijadiin representatif negaranya, kepopuleran GG atau SNSD emang nggak diraguin lagi. Bahkan walaupun lo bukan fans K-Pop, lo pasti tau apa itu SNSD. Salah satu girlgroup tersukses dan masih eksis sampe sekarang, nggak kehitung berapa banyak awards yang udah diterima SNSD. Di skala internasional, SNSD pernah dapet penghargaan dari iTunes Rewind 2011 sebagai 'Best New Artist', dan YouTube Music Awards 2013 sebagai 'Video of the Year' lewat lagu 'I Got A Boy'.

 

Idol-idol di atas ngebuktiin kalo mereka nggak cuma bisa sukses gara-gara tampang, make up tebel, dance yang cute, atau fashion yang keren aja. Training bertahun-tahun dan kerja keras mereka ini perlu diacungi jempol banget sih! Daaan... Indonesia juga sebenernya nggak kalaaaah punya banyak penyanyi hebat yang berkualitas internasional sih dan perlu banyak apresiasi, nggak cuma tampil di acara lalala yeyeye aja.

Komentar