Kumis nyambung sudah biasa. Tapi kalau alis nyambung sebetulnya merupakan hal yang cukup langka. Terutama bagi manusia di Indonesia.
 
Alis nyambung merupakan bulu atau rambut-rambut yang tumbuh di antara alis kanan dan alis kiri sehingga tampak menyatu. Sebutan khusus untuk alis nyambung adalah Unibrow atau Monobrow.
 
Unibrow atau Monobrow merupakan kelainan genetik atau sebutan kerennnya Cornelia De-Lang Syndrome. Oleh karena itu tidak semua orang memiliki alis yang nyambung. Alis nyambung cukup spesial, seksi, lebat.
 
Mayoritas orang-orang yang memiliki alis nyambung adalah bangsa-bangsa keturunan Asia Tengah. Tapi tidak hanya di benua Asia, salah satu tokoh terkenal yang punya alis nyambung adalah Frida Kahlo, seorang pelukis wanita asal Meksiko.
 
Ada anggapan turun-temurun kalau Unibrow atau Monobrow adalah lambang kesucian untuk wanita dan kejantanan untuk pria. Kepercayaan ini berkembang sejak Dinasti Qajar berkuasa di Iran pada tahun 1785-1925.
 
Beda negara, beda pula  kepercayaannya. Bagi orang-orang barat, unibrow atau monobrow justru adalah lambang kejahatan. Miskonsep ini berkembang di era Victorian ketika seorang kriminolog Italia bernama Cesare Lombroso menggolongkannya demikian. Konon karena diduga orang yang alisnya nyambung terlihat aneh, berbulu dan seram.
 
Sedangkan di Indonesia sendiri banyak juga orang yang bahkan tidak memiliki alis, sehingga tren pensil alis, sulam alis, dan tato alis cukup merajalela dan laris di pasaran. Banyak anggapan masyarakat bahwa salah satu fungsi alis adalah untuk memperindah wajah.
 
Di luar segala keindahan alis. Banyak mitos yang beredar tentang arti dari orang yang memiliki alis nyambung. Salah satu yang fenomenal adalah orang yang memiliki alis nyambung dianggap punya indera keenam; atau bisa melihat makhluk gaib. Ada juga anggapan kalau orang yang alisnya nyambung, akan memiliki jodoh kerabat dekatnya sendiri. 
 
Tapi yang pasti, senyambung-nyambungnya unibrow lo, belum tentu lebih panjang dari alisnya masbrow ini >

Komentar