..Ini adalah jenis pertanyaan yang sangat memukau; pertanyaan yang sangat singkat, namun akan dijawab dengan sangat panjang..

Sebelum menjawab, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang maksud dari pertanyaan tersebut. pertanyaan tersebut bermaksud untuk menanyakan maksud dari pacaran. jadi, di sini kita melihat terdapatnya dua buah maksud:

Maksud yang pertama adalah maksud untuk bertanya, sedangkan maksud yang kedua adalah maksud tentang pacaran. Orang yang menanyakan pertanyaan seperti ini adalah jenis orang yang bermaksud sebanyak dua kali maksud. Oleh sebab itu, kita harus bisa memisahkan kedua maksud tersebut.

Untuk maksud yang pertama adalah maksud untuk bertanya; ..dan kita bisa menjawabnya dengan sangat singkat: "silahkan!"

..namun, untuk maksud yang kedua, yaitu maksud tentang pacaran, ..maka kita harus menjawabnya dengan sangat panjang sekali.. (singkat, namun jawabannya panjang..)

..baiklah,

Yang dimaksud dengan pacaran adalah sesuatu yang dikeluarkan, atau disemburkan.. misalnya: pacaran sinar matahari, pacaran sinar rembulan, ..dan ada juga nama kelompok musik "pacaran sinar petrom.. (mas? ..itu kurang hurup "n" yah? harusnya "pancaran", yah?)

..Eh, ..baiklah.. kita telaah dulu dari segi bahasa:

Pacaran: berasal dari kata "pacar" yang mendapat akhiran "-an". secara bahasa, akan sangat sukar untuk diterangkan jika kita belum mengetahui arti dari kata "pacar". pacar adalah (..eh, ..bentar, buka-buka kamus dulu..)

..Berdasarkan kamus bahasa indonesia, pacar adalah "kekasih", atau: "teman lawan jenis -yang tetap- dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta kasih".

--jika demikian, mengapa kita menyebutnya sebagai "pacaran"? ..dan bukan "kekasihan"? ->jawab: "kekasihan" terdiri dari 4 suku kata, sedangkan "pacaran" terdiri dari 3 suku kata. maka, lebih mudah untuk dipakai dalam pengucapan dan pergaulan kata sehari-hari. dan juga, belum pernah ada satu orang-pun yang menggunakan kata "kekasihan" sebagai kata pengganti "pacaran". dan juga lagi pula, ngapain elu nanya hal kaya' begini?--

..bagaimana jika kita buang terlebih dahulu makna dari kata "kekasih".. bakal rumit dan jadi semakin panjang urusannya.. saat ini, kita tetap fokus pada kata "pacaran" saja. okeh?

(sip..)

..lanjut,

..eh, tadi.. udah sampai mana?

 
 

Komentar