safwana2.png

Memanfaatkan limbah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Menjadi bintang emas sesuai dengan arti dari Safwana adalah impian student company generasi ke-3 SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo yang diadakan pada 12 Januari 2018 lalu. Acara ini berisi launching produk Safwana, lelang saham dan mengundang student company dari berbagai SMA lainnya. Nah, Safwana sendiri adalah produk buatan SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Pemanfaatan limbah plastik adalah bahan dasar dari produk Safwana. Limbah plastik tidak asing lagi di lingkungan kita, bahkan kebanyakan limbah menjadi momok atau barang yang kurang berharga.

safwana.png

safwana1.png

Tiap tahun limbah plastik yang dihasilkan di lingkungan sekitar kami Surabaya-Sidoarjo diperkirakan mencapai ratusan ton. Melihat keadaan ini tim Safwana memanfaatkan limbah plastik berupa gelas plastik yang dijadikan sebagai krayon. Hasil produk ini diberi nama "Airo". Kalau dalam Bahasa Jepang, "Ai" memiliki arti cinta dan "Iro" adalah warna. Dengan produk Airo ini, Safwana berharap produk Airo memiliki cinta dan warna disetiap goresannya. Selain itu, Safwana juga menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah tekstil berupa kain perca dan memiliki nilai estetika. Dengan membeli 1 kemasan produk, maka akan mengurangi jumlah 1 kg limbah gelas plastik yang membutuhkan waktu ratusan tahun mengurai limbah plastik tersebut, jadi Safwana juga bertujuan untuk memberikan berwawasan lingkungan sesuai dengan Adiwiyata.

safwana2.png

Terciptanya Safwana ini juga dibimbing oleh guru ekonomi SMAN 1 Waru yakni Tri Mugiarti S. Pd, M. M. Beliau sudah berpengalaman dan menjadi best teacher di salah satu perlombaan interpeuner yang diadakan Surabaya dan Sidoarjo tahun 2017. Nah, untuk tim yang membuat produk Safwana sendiri terdiri dari Alhikmal Adam Wiguna (President), Muhammad Rafi Hasan Nurdin (Vice President of Public Relation), Johanna Tania Victory (Vice President of Human Resource Departement), Fitrotus Zakiyah (Vice President of Finance), Rizka Widya Berlina (Vice President of Production), Michelle Angel Priyanto (Vice President of Marketing), dan 14 orang lainnya yang menjabat sebagai manager produksi, marketing dan HRD dari Safwana.

Komentar