traktir

Bukannya pelit tapi.....

Selain pajak listrik, pajak bangunan, dan pajak penghasilan, kita sering kali dimintai pajak pertemanan. Yaps, ini adalah sebuah pajak yang nggak tercantum dalam undang-undang pemerintah tapi tercantum dalam kitab rumus pertemanan. Pajak ini berupa tratiran makan. Saat kita ulang tahun, harus nraktir. Habis jadian, nraktir. Baru aja putus, nraktir. Dapat gaji pertama, nraktir. Mau resign pun biasanya bakal ditagih makan-makan sama teman sekantor. Nah, buat yang terakhir ini, sebenernya bisa aja lo hindari. Lo nggak harus nraktir teman-teman sekantor lo sebelum akhirnya lo undur diri dari kantor lo. Ada beberapa alasan masuk akal yang bisa lo pakai nih.

1. Belom gajian woooy!!

Via Tenor

Nggak semua orang resign setelah dia gajian. Ada juga yang harus resign di tengah bulan di mana kantong lagi tipis-tipisnya. Jangankan mau nraktir teman sekantor, nraktir diri sendiri aja harus mikir berkali-kali. Tiap kali mau nambah beli es teh di warteg aja harus ngeluarin kalkulator dan kertas buat ngitung sisa duit. Lagian, mainstream banget sih ada teman mau resign minta ditraktir. Kalo bisa tuh malah orang sekantor iuaran buat nraktir atau ngasih sumbangan ke orang yang mau resign. *Loooh.

2. Populasi kantor padat merayap sehingga budget nggak masuk di akal dan di kantong.

Via Gifer

Pengen sih nraktir tapi apa daya kalo ternyata kantong nggak merestui. Jumlah orang di kantor tuh ada banyak banget. Kalo lo mau nraktir semuanya, gaji sebulan aja nggak cukup. Yah, kecuali mereka baik-baik aja kalo ditraktir permen bukan pizza, burger, martabak, dan lainnya.

3. Hidup dan kebutuhan hidup terus ada setelah lo resign.

Via Tenor

Ini nih satu hal yang sering dilupakan. Orang mau resign itu tetep akan menjalani hari seperti biasanya. Dia punya banyak kebutuhan, cicilan, dan lain sebagainya yang harus dibayar. Kalo lo emang nggak punya budget buat nraktir orang, ya nggak usah dipaksain. Kasian looh kalo memaksakan diri nraktir orang lain padahal kondisi dompet lo lagi carut marut. Udah gaji pas-pasan, banyak cicilan, pake dimintai traktiran puluhan orang lagi. Bisa tipees mendadak.

4. Sesungguhnya resign adalah awal dari status pengangguran.

Via Gifer

Ingatlah, nggak semua orang yang resign itu langsung dapat kerjaan. Ada juga yang resign lalu kerja di tempat yang nggak lebih baik dari yang sebelumnya atau parahnya dia malah jadi pengangguran. Gaji terakhirnya harus dihemat banget karena dia nggak tahu kapan bakal dapat gaji lagi. Sediih kan?

5. Duitnya mau ditabung buat beli kapal pesiar.

Via PicGifs.com

Nraktirnya ntar aja yah pas si kapal pesiar udah kebeli dan terparkir rapi di depan rumah. Ntar pasti ada syukurannya kok. Tungguin aja. Pokoknya ntar traktirannya double deh.

Buat lo yang mau resign, nggak usah gengsi, malu, atau ngerasa nggak enak karena lo nggak nraktir teman-teman lo saat lo resign. Inget prinsip, berbagi sama teman itu boleh, asalkan ada yang dibagi.

Komentar