boylali.jpg

Mulai dari tempat wisata, museum, perpustakaan, kafe sampai kulineran ada di sini cuyyy!

Mendengar nama Boyolali rasanya kayak pelosok banget gitu, ya? Eittsss, tapi walaupun lo dengernya kayak desa dan pelosok banget, Kabupaten Boyolali itu ternyata nggak kalah asiknya kayak kota, atau kabupaten lainnya di Indonesia. PERCAYALAH, PERCAYALAH. Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah ini ternyata punya segudang tempat menarik buat dikunjungi. Mulai dari wisata alam, museum, perpustakaan, sampai penggugah selera pecinta kuliner. P! punya sederet tempat yang bisa lo datangi di kabupaten yang satu ini. Skuyyy langsung aja disimak!

1. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu bukan berarti banyak madunya, ya. Lembah Gunung Madu yang ada di Boyolali ini ternyata tempat bersejarah. Zaman dulu, Lembah Gunung Madu merupakan tempat persembunyian masyarakat setempat buat menghindari serangan penjajah Jepang. Di lokasi ini, terdapat 5 goa yang dulunya adalah bekas peninggalan zaman penjajah dan dijadikan tempat persembunyian. Nah, karena tempat ini bersejarah sekaligus lokasinya berada di lembah gunung, sekarang nih tempat jadi destinasi wisata. Kalau lo berkunjung di sini, udaranya masih dingin dan sejuk banget. Selain itu, lo juga bisa menikmati pemandangan hamparan hutan hijau yang masih lebat banget. Lumayan bisa dihirup nih oksigennya buat bersihin paru-paru, hehe.

lembah-gunung-madu3.png

Photo via camerawisata.com

2. Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Yang kedua masih berhubungan dengan alam yang hijau, nih. Ada Kebun Raya Indrokilo Kemiri yang berkolasi di Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Kebun yang berdiri di lahan seluas 8,9 hektare ini selain jadi tempat wisata, ternyata digunakan juga untuk keperluan penelitian, pendidikan, dan jasa lingkungan. Karena di sini banyak tumbuhan yang dilindungi sekaligus diteliti. Lumayan ya, sembari wisata lo juga belajar juga tentang alam. 

taman_tematik_paku_compressed.jpg

Photo via http://kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id

3. Museum R. Hamong Wardoyo

Kalau bosen liburan ke alam, lo bisa mampir ke museum yang ada di Boyolali. Salah satunya museum yang terhitung masih baru yakni Museum R. Hamong Wardoyo. Ikon baru dari Kabupaten Boyolali ini dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali pada tahun 2016. Bentuk gedungnya juga bagus, berbentuk segi enam berbahan kaca dan terkesan futuristik gitu deh. Di dalamnya ada dua ruangan utama yang berisi berbagai macam benda-benda bersejarah serta antik. Ada kereta kencana, replika Harimau Sumatera, Lumpang, Lesung, Luku, dan lainnya. 

museum_r._hamong_wardoyo.jpg

Photo via jatengpos.com

4. Tumpi Readhouse

Lo salah satu pecinta literasi dan dunia perbukuan? Nah, mampir aja ke Tumpi Readhouse yang merupakan perpustakaan rintisan dari masyarakat Boyolali. Perpustakaan masyarakat yang didirikan pada 16 Juli 2012 ini dulunya adalah dapur berkas milik warga, terus disulap jadi perpus buat masyarakat. Di sini, terdapat 2.600 buku, 200 koleksi film, dan sekitar kurang lebih 300 majalah yang bisa dibaca di tempat. Selain baca buku, Tumpi Readhouse juga sering mengadakan acara seperti workshop, diskui, pelatihan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

5. Jenang Pecel

Habis capek mampir ke tempat ini dan itu, jangan lupa isi perut dulu dong! Lidah lo pengen ngerasain makanan khas lokal Boyolali, P! punya rekomendasinya nih. Namanya Jenang Pecel, makanan unik khas Boyolali ini merupakan bubur sumsum yang dicampur dengan siraman bumbu pecel serta sayurnya. Wuiihhh, kalau lo biasanya makan pecel pakai nasi, ini pakai bubur cuyyy. Gurih-gurih lembut gitu! Rata-rata untuk harga Jenang Pecel ini dibandrol sekitar 7ribu rupiah aja. Mursidaaahh~

jenang_pecel.jpg

Photo via wisataindonesia.xyz

6. Hekya Cafe

Malem hari masih di Kabupaten Boyolali dan pengen nongkrong? Nggak perlu bingung mau pergi ke mana, coba aja ke Hekya Cafe yang lokasinya ada di Madumulyo, Pulisen, Boyolali. Kafe yang satu ini cukup modern karena menjual sajian makanan dan minuman kayak kafe pada umumnya. Ada roti bakar, ayam geprek mozarella, bakso bakar, dan minuman choco cheese yang seger abis! Kafe yang satu ini buka dari jam 13.00-24.00 WIB, jadi nggak usah takut mendadak tutup, hehe.  

Komentar