Seperti yang lo tau, nobar bola juga termasuk salah satu cara untuk meningkatkan eksistensi lo di kalangan teman sekitar. Kalo ini adalah pertama kalinya lo gabung buat nobar dengan salah satu supporter club dimana gak ada seorang pun yang lo kenal disana, jangan khawatir, kita punya beberapa bocoran buat lo mengenai siapa-siapa aja yang bakal lo temuin, plus cara menghadapinya.

Yuks diliat!

The Die-hard Fans

Ini adalah jenis orang yang maniak banget sama klub yang lagi dia tonton. Biasanya dia datang dengan atribut lengkap seperti jersey, syal, atau bahkan sampe nyorat-nyoret muka pake cat, plus hafal semua chants yang dibawakan sama sesama supporter klub tersebut sepanjang pertandingan. Orang-prang jenis ini gak perlu bawa contekan buat ikutan nge-chant, karena dia pasti udah hafal di luar kepala. Lalu dia akan teriak-teriak  terkadang penuh kemarahan kalo salah satu pemain dilanggar sama pemain klub lawan atau gagal ngegolin.

Kalo ketemua sama tipe kaya gini jangan sampe lo mengatakan keburukan atau sesuatu yang gak bener  akan klub yang dia dukung, karena dia pasti ga akan segan untuk ngedamprat lo. Jadi lo tinggal sok cool aja sih, tapi jangan sok tau juga , ntar salah bisa kena semprot loh.

The Normal Fans

Ini bukan istilah official-nya sih, kita cuman ga nemu aja sih apa istilah buat orang yang ngefans tapi masih dalam taraf wajar hehehe. Oke, jadi ini adalah fans yang netral dan  masih masuk akal. Mereka bisa nerima kekalahan dengan wajar dan lapang dada. Biasanya, orang-orang kaya gini datang ke tempat nobar dengan atribut klub favoritnya namun gak lebay. Misalnya Cuma pake t-shirt atau jersey doang.

Kalo ketemu orang-orang kaya gini, lo gak perlu susah, karena mereka akan dengan senang hati untuk sharing ke lo tentang klub yang dia dukung.

The Rival Watcher

Orang-orang macam ini biasanya bukan merupakan fans dari klub yang lagi main. Tapi dia ngefans sama klub lain yang merupakan musuh bebuyutan dari klub yang lagi dia tonton, jadi kaya mata-mata gitu. Biasanya orang-orang kaya gini akan datang ke tempat nobar dengan atribut netral, baju biasa gitu, dan nonton di pojokan, mengamati permainan klub yang lagi dia tonton. Untuk mengahadapi orang-orang kaya gini, lo kudu ati-ati nih sob, karena dia bisa aja ngatain klub yang lagi lo dukung atau berpikiran terbuka tentang klub yang dia dukung maupun yang lo dukung, karena dia bisa saja salah satu dari dua jenis fans yang udah kita sebutkan sebelumnya.

The Girlfriend

Siapa bilang nobar bola isinya cowo semua? Tidaaaak. Ada cewe juga dong. Yang tidak lain dan tidak bukan ialah pacar-pacar sang peserta nobar.  Cewe-cewe ini biasanya akan duduk di deket pacarnya, gak terlalu heboh karena dia juga perlu jaim dikit, dan gak jarang juga dia ikutan kembaran jersey bola ama pacarnya. Ketika chanting, biasanya sih mereka gak ikut, atau mungkin kalo ikiut biasanya mereka ngechant sambil liat contekan gitu deh.

Untuk menghadapi cewe-cewe ini, disarankan lo jangan terlalu ngedeketin deh, karena di sebelahnya ada cowonya biasanya. Jadi mungkin yang bisa lo lakuin adalah mengamati mereka diam-diam dari kejauhan sembari berharap kapan lo bisa nobar bareng pacar lo,hiks…

Sekian panduan akhir pekan kali ini! Siap nobar weekend ini? Mau tonton liga apa klub apa lawan klub apa? Mau berbagi cerita nobar juga? Komen bisa kali di bawah sini hehehe. Have a nice weekend!

Komentar