hutanilang

Nggak ada positifnya buat hidup kita sama sekali!

 

Sering banget kita dengar kalo hutan adalah paru-paru dunia. Sama seperti fungsi paru-paru dalam tubuh manusia, hutan berfungsi sebagai produsen oksigen dan menyerap karbon dioksida yang berbahaya bagi manusia.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS, 18 Februari 2017), luas hutan Indoensia mencapai 126.094.366,71 ha (termasuk kawasan hutan di perairan). Namun, menurut data yang dirilis Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) berdasarkan data dari Global Forest Resources Assessment (FRA), sejak 2010 sampai 2015, Indonesia menempati urutan kedua tertinggi kehilangan luas hutannya yang mencapai 684.000 hektar tiap tahunnya.

Jika ini terus dibiarkan, lama-lama hutan kita akan hilang. Ngeriiiii! Karena kalo hutan akan menghilang ini yang akan terjadi:

Banjir besar

Pohon-pohon yang ada di hutan berfungsi untuk menyerap air. Sehingga kandungan air di daratan tidak berlebihan alias banjir. Jadi kalo hutan gundul atau pohonnya banyak ditebang sembarangan, banjir bisa-bisa jadi 'pelanggan' setia yang dateng dan merugikan.

Banyak hewan dan tumbuhan kehilangan rumah

Fungsi hutan lainnya yakni sebagai 'rumah' bagi hewan dan tumbuhan. Mereka yang tinggal di hutan salong bergantung satu sama lain untuk hidup. Jadi ketika satu hilang maka pelan-pelan yang lainnya juga ikut hilang.

Efek rumah kaca

Penggunaan bahan bakar fosil menjadi salah satu penghasil karbon dioksida di atmosfer. Jika kandungan karbon dioksida yang terlalu banyak lambat laun akan menyebabkan efek rumah kaca. Selain itu atmosfer kita juga akan semakin menipis. Keberadaan hutan yakni untuk menyerap karbon dioksida tersebut. Tapi kalo hutannya hilang siapa yang mau menyerap kandungan berbahaya tersebut?

Kesuburan tanah menurun

Kerja sebuah pohon nggak cuma dilihat dari batang, ranting, daun dan buahnya saja. Di dalam tanah, akar pohon bergeriliya menyuburkan tanah sehingga tanah tersebut bisa digunakan manusia untuk bercocok tanam. Tapi kalo pohon di hutan ditebang, siapa yang akan menyuburkan tanah? Jadi kalo hutan hilang, maka kesuburan tanah pun berkurang.

Kekeringan

Hutan menyerap air dan menjadikannya cadangan di tanah dalam akar-akar pohon. Tapi kalo hutan hilang maka cadangan air pun akan menyusut. Parahnya malah akan terjadi kekeringan di musim panas.

Kerugian ekonomi

Jika semua hal di atas terjadi, maka kehilangan hutan pun berdampak pada manusia. Contoh yang paling nyata adalah kerugian ekonomi. Misalnya terjadi bencana, tentunya ada kerugian ekonomi yang dirasakan dari kehilangan rumah, sawah, hingga harta benda. Sedangkan pada jangka panjang, ini akan menggangu rantai makanan dan manusia pun bisa jadi ikut punah. Nggak mau bayangin ah!

Nah itu dia beberapa hal yang akan terjadi jika hutan hilang. Iya walaupun mungkin kita tinggal di kota yang jauh dari hutan bukan berarti kita akan jauh dari dampak kehilangan hutan. Manfaatnya bisa jadi juga nggak kerasa sekarang tapi nanti di masa depan, di masa nya anak cucu kita. Masa iya kita mau anak cucu kita hidup susah karena kita di masa sekarang nggak peduli sama kondisi hutan? Nggak mau kan? Yuk peduli hutan dari sekarang!

Komentar