Ichitan Photo Competition

depresi

Buat lo yang suka capek sendiri

Lo udah tau kalo tanggal 10 Oktober adalah hari peringatan Kesehatan Jiwa Sedunia? Nah masalah kesehatan jiwa adalah hal yang harus serius untuk dibahas. Terutama bagi kaum muda, di era teknologi ini para kawula muda sangat gampang buat kebawa sama hal-hal yang negatif cuma karena hal sepele. Emang sih, semua orang punya porsinya masing-masing dalam menghadapi masalah yang terjadi dalam hidupnya. Tapi nggak semuanya harus dilarikan ke arah yang negatif. Nah kali ini P! punya tips anti depresi buat para kawula muda yang lagi stress.

1. Tingkatkan Produktivitas

produktivitas

Kalo lo udah ngerasa sangat boring dengan kehidupan lo, coba deh untuk lebih menambah aktivitas lo dengan hal-hal yang baik. Salah satunya adalah bergabung dengan komunitas. Dengan lo bergabung dengan komunitas lo akan menambah banyak wawasan baru serta temen baru, jadi pikiran lo yang berat itu bisa hilang karena lo jadi punya aktivitas baru untuk dilakukan.

2. Keluarkan Masalah Yang Lo Hadapi

Masalah

Ya bisa dibilang curhat, coba deh lo curhat ke temen atau sahabat lo yang bisa ngertiin posisi lo saat menghadapi masalah yang menurut lo cukup berat. Curhat ke keluarga juga bisa, baik ke orang tua, adek, kakak, kakek, nenek, om, tante, atau sepupu lo. Supaya lo jadi nggak memendam masalah lo sendiri. Siapa tau juga mereka punya solusinya?

3. Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga

Olahraga juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan, selain buat diri lo jadi lebih sehat, olahraga juga bisa membantu lo untuk membuang pikiran negatif yang ada di kepala lo. Entah main futsal, basket, renang atau yang lainnya. Pastinya cobalah untuk olahraga supaya nggak terlalu banyak pikiran.

4. Makan Coklat

Coklat

Ini juga penting untuk dilakukan, kalo lo lagi pusing stress dan banyak pikiran, coba deh makan coklat. Coklat bisa membantu lo untuk lebih rileks dalam menghadapi masalah lo. Kenapa coklat? Karena setelah diteliti, coklat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakannya menjadi merasa nyaman. Pantesan enak.

5. Perbaiki Jam Istirahat

Jam Istirahat

Istirahat juga hal yang sangat penting dilakukan karena dengan lo banyak istirahat, tubuh lo yang tadinya tegang setelah menghadapi banyak tugas atau berbagai masalah, jadi bisa tenang dan rileks kembali. Kalo biasanya jam tidur lo sangat berantakan nggak karuan. Coba deh setelah baca artikel ini, lebih diatur jam tidurnya. Supaya lo jadi nggak stres-stres amat.

6. Liburan

Liburan

Pasti udah sering kan denger kata-kata “kurang piknik” beredar dikalangan kawula muda? Ada benernya juga tuh kata-kata. Kalo lo udah cukup boring dan stress coba deh lo liburan ke tempat-tempat yang punya pemandangan bagus. Dengan lo liburan dan melihat banyak tempat baru, lo pasti jadi punya pandangan baru dalam menghadapi masalah lo. Jadi lo nggak gampang stres dalam menghadapi masalah  lo.

Nah gitu deh kawula muda tips anti-depresinya. Jangan terlalu gampang stres ya, karena semuanya pasti ada jalan keluarnya. Coba lakukan hal-hal yang lebih positif dan jangan pernah menyerah dalam memperjuangkan sesuatu yang benar. Selamat hari Kesehatan Jiwa se-dunia ya! Selalu positif dan selalu sehat! 

Komentar