capekmulu

Kayak kacang atom nggak ada isinya, kopong.

Beberapa orang hidup dengan banyak kegiatan dan energi yang kayaknya nggak abis-abis. Bangun tiap jam lima pagi, sekolah atau ngampus atau kerja, pulang-pulang udah gelap. Gitu terus tiap hari. Tapi masih juga sempet buat olahraga, ngumpul sama temen, dan ngepet tengah malem (LAH, gadeng).  

Untuk beberapa orang lainnya, justru kebalikan. Walopun kerjaan lo cuma guling-guling di atas kasur sambil nontonin netijen berantem di Instagram, ngepoin mantan yang nggak abis-abis, dan rasanya lo udah tidur lebih dari cukup, tetep aja lo harus ngelawan nguap dan kelelahan sepanjang hari. Pernah mikir nggak, kenapa ya? Kalo masalahnya bukan kekurangan istirahat, trus apa dong?

Kurang aktivitas fisik

Penelitian menunjukkan, orang-orang yang mulai melakukan olahraga berhasil meningkatkan energinya beberapa kali lipat dalam waktu 6 minggu. Olahraga juga terbukti bikin tidur lebih nyenyak, dan badan lo kerasa lebih seger. Babay deh nguap-nguap!

Pola makan yang buruk

Gaya hidup seberpengaruh itu loh. Makan di saat yang nggak tepat bikin waktu istirahat juga jadi berantakan. Kebanyakan makan juga bikin lo jadi nggak produktif, males gerak, dan bikin lo ngerasa jadi capek padahal nggak ngapa-ngapain.

Kafein

Nah ini biasa banget kalo udah ngantuk dan kecapean, yang dicari? Ya kopi. Padahal, ketergantungan sama kopi malah bikin lo way more sleepy. Mengonsumsi kopi atau minuman berenergi 6 jam sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur lo. Hmm. Percuma kan tidur lama tapi nggak berkualitas? Sebagai gantinya, minum air putih aja. Terbukti meningkatkan konsentrasi loh.

Gangguan kejiwaan

Percaya nggak kalo bukan cuma fisik yang harus kita perhatiin, tapi juga kesehatan jiwa dan mental. Kalo lo overthinking, khawatir, gelisah, atau depresi dan lain-lain, fisik lo bisa melemah dan menyebabkan kelelahan.

Kalong

Sekitar 20% populasi dunia emang susah aja buat tidur cepet. Tapi karena kita hidup di 9-5 (waktu kerja/sekolah/beraktivitas), bikin susah buat dapet tidur yang layak. Akibatnya? Ya pas siang lo malah ngantuk, giliran tengah malem malah segar bugar. Pola tidur yang nggak bener ini mau nggak mau emang harus diubah.

 

Nah, biar nggak kelelahan ditengah kegiatan, mending lo mulai perbaiki hal-hal tersebut diatas deh. Semangat!

Komentar