Ichitan Photo Competition

tempattidur

Karena musim hujan telah tiba, mager pun melanda

 

Manusia menghabiskan sekitar satu pertiga bagian hidupnya untuk tidur. Kegiatan yang umumnya dilakukan dikasur. Dan seringkali, apalagi kalo musim hujan kayak gini, rasanya kasur tuh jadi cinta sejati. Kayak ada susah banget ninggalin kasur. Tapi ternyata lo berlama-lama di tempat tidur itu nggak baik. Kenapa? Karena ini nih:

Sakit

Kebanyakan menghabiskan waktu di tempat tidur akan membuat lo sakit yang bisa berupa luka atau nyeri. Hal ini disebabkan oleh tekanan pada kulit yang menghambat peredaran darah ke kulit dan jaringan-jaringan terdekatnya. Sederhananya gini, bayangkan jaringan antara tulang dan kasur lo berada di bawah banyak tekanan dari berat badan lo. Dan kalo tekanannya cukup hebat, itu cukup untuk membuat jaringan kaya nutrisi tersebut gagal mencapai sel tubuh tujuan yang mengakibatkannya rusak atau bahkan mati.

Punggung

Bagian sakit ya terutama punggung. Meski ada banyak gaya tidur, orang seringkali berbaring terlentang di kasur. Ternyata posisi tersebut bisa membuat tulang punggung, tulang ekor, pinggul dan area bahu menderita. Akhirnya bikin sakit seluruh badan. Dan ini rasanya tidak menyenangkan.

Lemah

punggung

Apalagi kalo lo nggak gerak di kasur. Pada istirahat yang sempurna, otot kehilangan 10-15% kekuatannya per minggu. Estimasinya, dalam waktu 3-5 minggu aja, kira-kira otot bisa kehilangan 50% tenaga. Dengan keadaan kayak gini, buat ngangkat laptop ke paha aja rasanya berat.

Daya Tahan

Hmm, istirahat dalam waktu yang lebih dari biasanya aja bisa menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan menyebabkan kelelahan dan kemageran berkelanjutan. Selain akan kehilangan berat, otot lo juga akan berhenti pertumbuhannya.

Tulang

tulang

Sekitar 40-70% tulang akan rusak dibanding berat aslinya karena tubuh yang nggak mau gerak dari kasur. Hal ini terjadi karena meningkatnya resorpsi atau proses yang menghancurkan tulang. Peningkatannya bahkan menghalangi tingkat pertumbuhan tulang yang baru. Akibatnya? Kelainan tulang seperti osteoporosis. Nggak mau kan?

Detak Jantung

heart attack

Terakhir, kalo lo tetep kekeuh nggak mau gerak dari kasur, nih akibatnya. Tiap dua hari dari tidak melakukan apapun di kasur, detak jantung lo akan naik 1bpm dan terus meningkat. Dan aliran darah lo akan menurun. Akibatnya? Kekurangan oksigen yang seharusnya dibawa oleh sel darah.

Ada banyak lagi akibat buruk yang bisa ditimbulkan. Drama kayak batu ginjal, anxiety, bahkan infeksi paru-paru. Meski kasur adalah tempat yang sangat nyaman, lo pinter-pinter ngatur waktu buat dihabiskan di kasur. Coba ayo sekarang bangun dari tempat tidur. Gerak gerak! 

Komentar