5 masalah instagram

Duka pengguna Instagram.

Hampir bisa dipastikan sebagian besar kids zaman now punya akun Instagram. Bahkan, ada yang akunnya nggak cuma satu. Ngaku aja deh. Mentang-mentang gratis nih yah jadi bikin akun sebanyak mungkin. Udah kayak ternak deh pokoknya. Lagian, ternak kok akun Instagram. Mendingan juga ternak ayam atau bebek biar telurnya bisa dijual lalu dapet uang. Hihi.

Balik lagi ke Instagram yah. Lo ngerasa nggak sih di balik ketenaran media sosial yang satu ini, ada beberapa masalah baru yang muncul. Masalah yang cuma ada sejak lo kenal yang namanya Instagram. Manusia di zaman batu atau zaman perunggu nggak pernah ngalamin masalah yang berikut ini (yaiyalah yah).

1. Ngatur feed biar keliatan bagus

Ilustrasi

Via College Fashionista

Sebenernya ada dua tipe pengguna Instagram. Pertama, tipe pengguna yang asal unggah foto apa aja. Kedua, pengguna yang perhatian banget sama yang namanya feed. Saking perhatiannya, butuh waktu berjam-jam buat memutuskan apakah sebuah foto layak diunggah atau enggak. Filter harus dibikin sama semua, harus ada warna yang menyatukan antara foto yang satu dengan foto yang lainnya. Pencahayaan, pose, grin, border, dan detail kecil lainnya bener-bener dipertimbangan secara matang. Foto yang diunggah nggak boleh sembarangan. Misalnya aja tema feed adalah liburan dan tiap foto harus ada unsur warna biru. Semua foto yang diunggah harus kayak begitu. Kalo enggak memenuhi syarat, mentok bakal diunggah di Instagram Story.

2. Nulis caption yang susahnya minta ampun

Ilustrasi

Setelah mikirin feed, masalah selanjutnya yang harus dihadapi adalah caption. Ada loh yang nulis caption aja butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari. Pokoknya udah kayak mau nulis skripsi. Kalo udah mentok akhirnya tanya ke Google dan kasih caption kata-kata mutiara. Pilihan kedua adalah nulis "no caption needed". Helloooo... itu yang lo tulis tetep caption kali ah.

3. Baju dan latar belakang foto harus ganti-ganti

Ilustrasi

Lo pasti bakal ngerasa malu kalo foto lo cuma di tempat yang itu-itu aja dan baju lo keliatan nggak pernah ganti. Ya kan? Lo bakal ngerasa nggak kekinian saat semua foto yang lo unggah berlatar belakang tembok kosan yang catnya udah ngelupas. Lo takut teman-teman dan pengikut lo di Instagram bakal ngomongin lo. Makanya, lo jadi rela menghemat uang jajan demi bisa beli baju diskonan plus jalan-jalan ke tempat-tempat kekinian. Pokoknya begitu ada tembok yang dikasih gambar dikit, lo foto. Ada jalanan yang dipasangi payung-payung, lo foto. Ada cafe baru, lo samperin juga walaupun cuma beli air es satu. Pokoknya lo rela ngelakuin apa aja demi koleksi foto di Instagram keliatan keren dan kekinian.

4. Malu kalo foto yang diunggah nggak dapat banyak love

Ilustrasi

Via Fstoppers

Urusan feed, caption, dan latar belakang foto udah kelar. Masalah selanjutnya datang saat foto udah diunggah ke Instagram. Ternyata cuma dapat love dikit banget. Rasanya pasti malu dan gimana gitu. Akhirnya fotonya dihapus atau disembunyikan. Oya, ada juga nih orang yang udah ngafalin jam di mana tiap foto yang dia unggah bakal dapat banyak love. Misalnya aja pas sore hari di mana pengikutnya lagi banyak yang aktif di Instagram. Di hari-hari berikutnya dia bakal mengunggah foto lagi di jam yang sama.

5. Nyinyiran bertebaran di mana-mana

Ilustrasi

Via Mashable

Masalah yang terakhir ini nih yang paling nggak enak. Sekarang banyak banget pengguna Instagram yang kampungan. Bukannya memanfaatkan Instagram buat berbagi hal-hal yang baik eh malah nebar fitnah dan hujatan di mana-mana. Jangan ditiru yah. Ada foto atau caption yang gimana dikit langsung deh dihujat habis-habisan. Terus yang lain ikutan nimbrung dan memperkeruh suasanan. Hadeeeehhh! Lo nggak gitu kan? Hati-hati loh, bisa bermasalah sama hukum kalo lo suka komentar sembarangan. Udah banyak kan contoh kasusnya. Amit-amit dehh.

Itulah beberapa masalah yang muncul gara-gara Instagaram menurut P!. Kalo lo ngalamin masalah yang lain di luar itu, boleh juga deh curhat di kolom komentar. Misalnya aja lo putus gara-gara ketahuan ngasih love ke foto mantan atau ketauan follow Bapaknya mantan pacar lo. Hihi.

Komentar