cara unik makan buah 01

Supaya tetap sehat guys!

 

As we know, kalo buah dan sayuran memiliki banyak manfaat buat tubuh kita. Mulai dari kandungan berbagai macam vitamin yang tinggi sampai zat-zat yang lebih jarang kita dengar namanya, seperti lycopene di tomat dan beta carotene di wortel.

Nah, tapi sekedar “tahu” manfaat dari berbagai buah dan sayur itu aja nggak cukup, loh! Tentunya, konsumsi buah dan sayur yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi juga sangat penting untuk dipenuhi.

Setiap hari kita wajib banget makan buah dan sayur. Tapi kadang suka males kan? Hayoo ngaku!

Nah kali ini CIMSA FK UI bersama Provoke! mau ngasih tau lo cara unik buat konsumsi buah!

Apapun makanannya, minumnya jus jeruk!

via GIPHY

Beda dari buah-buahan yang lain, jeruk punya keunggulan tersendiri nih, guys! Sari jeruk mengandung vitamin yang sangat ampuh untuk meningkatkan performa kerja tubuh. Yap! Vitamin C! Nah, kalau lo malas memakan jeruk dalam bentuk buah, coba deh kalau lagi makan gitu buat minumnya pesen jus jeruk! Selain baik untuk kesehatan, vitamin C ini membantu penyerapan makanan berat yang lo makan. Enak, kan? Satu dayung, dua pulau langsung terlampaui!

Rajin konsumsi sarapan beserta buah pendamping-nya!

via GIPHY

Sarapan merupakan makanan yang kita makan sebelum jam 10 pagi atau 2 jam setelah kita bangun dan menyumbangkan 20-25 % kalori bagi tubuh kita per hari. Menurut ahli gizi, sarapan memiliki peran penting dalam menyediakan energi bagi otak.

Nah jadi, sarapan membantu meningkatkan konsentrasi dalam belajar dan daya ingat. Performa akademik yang baik, kemampuan belajar yang baik ditemukan pada orang yang rajin mengonsumsi sarapan. Konsumsi sarapan juga menurunkan risiko penyakit kardiometabolik seperti kencing manis, sakit jantung, dan obesitas. Dengan rajin mengonsumsi sarapan akan membantu pertumbuhan tubuh lebih baik dan berefek pada mood lebih baik dan perasaan bahagia.

Jadi sempetin buat sarapan ya guys! Dan jangan lupa untuk menyertakan setidaknya 1-2 buah pendamping! Buah-buah an yang berserat tinggi juga membantu proses buang air besar lo juga lhoo!

Ganti camilan nggak sehat dengan buah

via GIPHY

Kebanyakan dari kita pasti mengasosiasikan cemilan dengan makanan tinggi gula dan lemak. Akibatnya, orang-orang menderita kelaparan dengan dalih lagi ‘diet’. Padahal nggak harus selalu kaya gitu, loh!

Nyatanya, nyemil justru merupakan cara yang efektif bagi kita untuk mengurangi makan besar dan pada saat yang sama menambahkan energy untuk aktivitas keseharian kita! Eits, tapi yang perlu diperhatikan adalah cemilan apa yang kamu makan! Yuk, mulai cemil buah-buahan dari sekarang!

Nah itu dia 3 cara unik buat konsumsi buah. Dengan gitu asupan buah dan manfaat buah untuk tubuh lo tetap terjaga. Hidup sehat itu gampang, tinggal kita memulainya. Dan nggak perlu nunggu sakit dulu ah. Yukkk kita hidup sehat mulai dari sekarang!

 

(Artikel ini merupakan kerjasama Provoke! dengan Center for Indonesian Medical Students Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)


Referensi:
1. Lesani A, Mohammadpoorasl A, Javadi M, Esfeh JM, Fakhari A. Eating breakfast, fruit and vegetable intake and their relation with happiness in college students. Eat Weight Disord. 2016;21(4):645–51.
2. Shafiee G, Kelishadi R, Qorbani M, Motlagh ME, Taheri M, Ardalan G, et al. Association of breakfast intake with cardiometabolic risk factors. J Pediatr (Rio J) [Internet]. 2013;89(6):575–82. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.jped.2013.03.020

Komentar