Ichitan Photo Competition

bondan.jpg

Nggak bakalan terlupakan!

Kalau denger kata-kata MAKNYUSSS! ingetnya pasti langsung ke siapa? Iyep, langsung ke Pak Bondan Winarno. Pria yang sempat merajai dunia kuliner di sebuah stasiun televisi ini baru saja menghembuskan nafas terakhir pada usia 67 tahun tepat pada Rabu, 29 November 2017. Kiprahnya di dunia kuliner emang nggak bakalan bisa dilupakan apalagi pas lagi nonton acara TV-nya. Pasti yang kita tunggu adalah testimoni "maknyuss". Untuk mengenang kembali Pak Bondan, nih P! kasih beberapa hal yang bakalan nggak bakalan lo lupain dari beliau..

1. Selalu Menjetikkan Jarinya Sehabis Makan

Mungkin lo nggak sempet lihat acara TV bertemakan kuliner yang dibawakan oleh beliau, bisa tanya ke mama papa atau kakak lo deh. Di acara kuliner ini, beliau selalu memberikan rekomendasi tempat makan enak beet yang ada di seluruh penjuru Indonesia. Nah, uniknya, selepas makan, beliau selalu menjentikkan jarinya ke bagian sisi pinggir bibir sebagai tanda rasanya enak. Bikin ngiler pengen makan kalau dilihat gegara enak banget makanannya, hehe. 

2. Suka Nulis

Sebelum menggeluti dunia kuliner, ternyata Pak Bondan memiliki profesi sebagai wartawan. Hobinya di dunia tulis menulis menghantarkan beliau bekerja di beberapa media massa di Indonesia. Selain kerja di media massa, Pak Bondan juga pernah menerbitkan beberapa buku seperti Satu abad Kartini, Neraca Tanah Air, BreX: Sebungkah Emas di Kaki Pelangi, Kiat Bondan di Kontan: Berpikir Strategis di Saat Krisis, dan Puing: Sebuah Novel Kolaborasi.

3. Seorang Pengusaha

Nggak cuma menggeluti dunia wartawan dan kuliner, Pak Bondan juga tertarik di dunia enterpreneur. Beliau menjabat sebagai Presiden Ocean Beauty International yakni perusahaan makanan laut yang berbasis di Amerika Serikat. Selain itu, Pak Bondan juga punya usaha coffee shop berlabel Kopitiam Oey. Pasti lo tahu deh coffee shop-nya!

4. Pelopor Jalan Sutra

Gegara mulai cinta dengan dunia kuliner, Pak Bondan akhirnya membuat komunitas bernama Jalan Sutra yang berfokus pada wisata boga yang terkenal di seluruh Indonesia. Lewat komunitas ini, Pak Bondan juga menerbitkan sebuah buku berjudul ‘Jalansutra: Satu Keluarga Sejuta Cita Rasa’

5. Jargon Maknyus!

Yak, yang terakhir jelas jargon Maknyuss-nya itu! Seluruh masyarakat selalu mengingat Pak Bondan gegara jargonnya yang nyentrik dan unik saat membawakan acara kuliner di stasiun TV swasta Indonesia. Selepas mencicipi makanan, Pak Bondan selalu melantunkan kata-kata, "pokoe maknyuss!" yang merupakan ekspresi kelezatan dan nikmatnya kuliner tersebut.

Komentar