Ichitan Photo Competition

 kucing

Kenapa hayoo??

Lo kalo manggil kucing liar di jalanan nggak mungkin kan manggilnya “sayang..cini sayang” atau “mantankuuh..nih ada tulang nih”. Pasti lo panggil dengan sebutan “puss”. Ada nggak yang tau kenapa kucing dipanggil “puss” terus nengok? Kalo belom tau nih P! kasih penjelasannya.

Sebenernya kucing nggak pernah ngerti sama panggilan “puss”, “sayang” atau “mantan”. Yang dia ngerti, panggilan berulang-ulang artinya makan atau bahasa lainnya si kucing bakalan ngerti kalo kata tersebut adalah pertanda makanan datang. Nah, biasanya kucing yang nengok dipanggil “puss” adalah kucing yang kebiasaan dipanggil “puss” dari kecil. Nggak semua kucing yang lo panggil “puss” bakalan nengok loh. Karena mungkin dia dipanggil “meong” atau panggilan lain dari induknya.

kucing ngeong

Nah, setelah lo ngerti bagian tadi. Ada yang tau nggak kata “puss” itu asalnya dari mana? Nggak ada yang tau? Nih, P! jelasin lagi ya. “Pus” atau “pusekatt” adalah bahasa yang berasal dari Norwegia yang artinya panggilan untuk wanita cantik atau kucing betina. Tahun 1530 panggilan “pus” atau “puss” pada kucing peliharaan terkenal di negara Belanda, Jerman dan Norwegia. Pada tahun 1605 hingga 1805, kata “puss” berkembang menjadi “pussy” atau “pussycat” dan di beberapa negara lain “kitty” atau “kittycat” yang berasalah dari kata kitten dalam Bahasa Inggris yang artinya anak kucing. Nah, udah ngerti kan yah kenapa kucing-kucing pada nengok pas dipanggil “puss”. Kalo nggak nengok coba tanya maunya dipanggil apah. Hehehe.

Komentar