enam alasan kenapa lo tetep harus baca media cetak

Rest In Peace, Rolling Stone Indonesia..

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, media massa juga ikut berkembang. Yang miris, media cetak seolah-olah tenggelam di arus zaman. Nggak kerasa, media cetak mulai tutup satu persatu. Majalah-majalah yang dulu sempet tenar, perlahan-lahan mulai nerbitin edisi-edisi terakhirnya. Syedih deh.

Hal ini emang disayangkan banget, soalnya media cetak juga punya kelebihan dan keunggulan dibanding media online.  Sebagai pelaku media online dan media cetak, nih P! jelasin kenapa lo tetep baca media cetak walaupun  udah ada media online.

 

Media cetak nggak bikin sakit mata

Media cetak itu kan pake kertas, beda sama media online yang mengharuskan lo untuk ngeliatin layar. Naah, karena lo harus ngeliatin layar, mata biasanya jadi sakit. Bahkan kalo dilanjutkan untuk jangka waktu yang lebih lama, mata juga bisa rusak. Media cetak mah nggak sengerusak itu.

 

Nggak akan habis batre

Baca berita atau informasi pake gawai emang praktis karena beberapa alasan. Kalo pake gawai kan ukurannya lebih kecil, jadi gampang dibawa ke mana-mana, enak digenggam juga, ringan juga, dan masih banyak keunggulan lainnya. Tapiii, media cetak juga punya kepraktisannya sendiri. Media cetak nggak perlu “dinyalain,” selain itu media cetak juga nggak perlu "di-charge." Praktis juga kan?

 

Informasinya lebih akurat

Proses di media cetak itu biasanya lebih ribet dan lebih panjang daripada bikin info atau berita media online. Prosesnya lebih panjang karena pas pengerjaannya harus lebih teliti. Ada proses cek dan ricek. Untuk memastikan akurasinya, biasanya media cetak punya anggota redaksi khusus yang bertugas untuk ngecek fakta. Selain itu, biasanya ada juga penyunting yang bukan cuma bertugas untuk mengkoreksi kesalahan, tapi juga bertugas untuk bikin beritanya enak dibaca. Jadi nggak asal cepet terbit doang kayak berita media online yang sering beredar.

 

Informasinya lebih lengkap

Nih ya, P! kasih tau soal berita di media. Nggak kayak media online itu beritanya pendek-pendek banget! Alasan kenapa berita media online begitu pendek adalah untuk menyesuaikan dengan pembaca berita media online yang cenderung pembaca super cepat (supersonic reader). Selain itu, reporter media online juga biasanya pada harus buru-buru kejar setoran. Akhirnya informasinya sering kepotong-potong gitu.

 

Nggak ada pop ad

Tau pop ad kan? Itu loooh, iklan yang suka nongol tiba tiba pas lo baca berita di media online. Kadang iklannya kecil, kadang sampe nutupin layar. Yang pasti, pop ads itu annoying banget dan bener-bener ngerusak mood pas lagi baca informasi lewat media online. Kalo media cetak mah mana ada iklan kek gitu. Iklan di media cetak lebih sopan. Kalo lo nggak minat baca, tinggal balik halaman aja.

 

Nggak distraktif

Kalo pake gawai, baca infonya tentu bakal kurang bikin konsen mengingat banyak distraksinya. Baca dikit, eh ada wasap masuk. Baca dikit lagi, eh ada telepon. Baca dikit lagi, eh ada pop ad. Pas udah nggak ada pesan masuk, nggak ada iklan dan nggak ada telepon, BATRENYA TERNYATA UDAH LOW. Jiah. Anti klimaks dah. Kalo baca media cetak mah nggak akan ada distraksi semacam itu.

Keder

 

Media cetak favorit lo apa? Apakah Provoke!? Yuk kasih tau di kolom komen!

Komentar