kenapa orang sakit nggak boleh minum es

Mitos atau fakta?

Sejak lo masih kecil, belom bisa bersihin ingus sendiri, nyokap, bokap, kakek, nenek, kakak, tante, bahkan sampai tetangga lo bakal ngelarang lo minum es saat lo lagi sakit apalagi saat lo demam, batuk, dan pilek. Minum es, meski cuma seteguk, adalah tindak kriminal yang nggak biasa. Gara-gara terbiasa kayak begitu, sampai lo udah gede pun lo akan percaya kalo orang yang lagi sakit tuh nggak boleh minum es. Yang jadi pertanyaan adalah kalo es emang bahaya kenapa cuma orang sakit aja yang dilarang minum es? Kenapa saat sehat lo bebas minum es bahkan makan es batu?

Karena kepo, akhirnya P! mencoba buat melakukan analisis yang tidak berdasarkan data-data kualitatif maupun kuantitatif. Semoga bisa sedikit membuka hubungan misterius antara lo, sakit, dan es batu.

1. Meneruskan tradisi nenek moyang

Via Giphy

Kalo diruntut lagi, ternyata larangan minum es saat sakit ini udah ada sejak dulu. Nenek lo dilarang sama buyut lo, nyokap lo dilarang sama nenek lo, lo dilarang sama nyokap lo, anak lo dilarang sama lo, anaknya anak lo bakal dilarang sama anak lo, begitu seterusnya sampai ntar udah ada anaknya anaknya anak lo. Ini udah jadi bagian dari aturan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya sehingga susah buat dihilangkan.

2. Biar nggak kena omel Mama

Via Popkey

Seumur hidup, lo pasti pernah kena omelan Mama gara-gara lo ketahuan minum es saat lagi sakit. Ya kan? Momen ini nggak enak banget. Udah badan lagi nggak karuan bukannya dimanja dan disayang-sayang eh malah kena semprot seharian gara-gara minum es yang cuma setetes. Nasib, nasib. Karena nggak mau ngalamin kesialan yang sama lagi akhirnya lo memilih buat nggak minum es aja selama sakit. Ntar balas dendam pas udah sehat.

3. Biar keliatan sakit beneran

Via Imgur

Namanya juga lagi sakit berarti ada sesuatu yang beda sama diri lo. Lo harus nunjukkin itu. Kalo lo tetep makan dan minum minuman yang sama kayak biasanya, nggak akan ada yang percaya kalo lo lagi sakit. Saat lo yang biasanya minum es teh segalon mendadak pesan teh manis, orang-orang bakal mulai bertanya sama lo. Di saat itulah lo bilang sekaligus ngebuktiin kalo lo lagi sakit.

4. Orang sakit harusnya minum obat, bukan es

Via Popkey

Kenapa orang nggak boleh minum es saat sakit? Karena sesungguhnya rumput di taman pun tahu bahwa orang yang sakit harusnya minum obat bukan minum es. Itu udah jadi rahasia umum banget. Nggak usah dikasih penjelasan apapun.

5. Pokoknya nggak boleh aja

Via BuzzFeed

Alasan yang terakhir adalah pokoknya nggak boleh aja. Ya gitu, pokoknya nggak boleh. Nggak usah maksa dong. Kan udah dibilang dari awalnya nggak boleh. Ya jangan nekat.

Jadiiii, begitulah kira-kira alasannya kenapa lo dilarang keras minum es pas lagi sakit. Semoga bisa nambah wawasan lo di dunia kesehatan yah. 

Komentar