hari pertama puasa

Jangan sampe lupa!!

Nggak berasa yah, kita udah memasuki bulan puasa lagi. Padahal THR tahun lalu masih banyak loh tapi booong ehh ini udah mau dapat THR lagi. *uhuuk* Okeee, okee kita jangan ngomongin THR dulu deh karena ini masih awal puasa banget. Mendingan kita ngomongin hari pertama puasa dulu aja yang udah di depan mata. Ada beberapa hal yang harus banget lo lakuin gaes. Pokoknya nggak boleh lo lupakan. Ini udah jadi aturan wajib yang nggak boleh dilanggar, apapun alasannya.

Aturan apaan sih? Sini sini, P! kasih tahu dulu biar lo paham. Barangkali aja setelah setahun berlalu (dihitung dari puasa tahun lalu), lo lupa sama hal-hal yang berikut ini.

1. Jangan lupa sahur

Via Rookie Chef

Kalo lo udah niat puasa, jangan lupa sahur yah. Meskipun nggak ada yang ngebangunin lo dan ngucapin selamat puasa, lo tetep harus bangun dan sahur. Ini demi kelancaran puasa lo. Jangan sampai lo keliyengan lalu pingsan padahal masih jam 9 pagi dengan alasan nggak ada yang ngingetin sahur. Ini P! udah ngingetin lo. JANGAN LUPA SAHUUURR!!!!!!!

2. Nggak usah sarapan

Via Giphy

Kalo biasanya lo sarapan dulu sebelum beraktivitas, di hari pertama puasa lo dilarang keras sarapan meskipun cuma segelas susu apalagi sampai sepiring gado-gado plus nasi goreng telur ceplok. NGGAK BOLEH!! Jangan sekali pun bilang "aku mau sarapan dulu, biar puasanya kuat". Prinsip itu nggak berlaku. Inget baik-baik yee.

3. Hindari makan siang

Via Imgur

Saat memasuki jam istirahat buat makan siang, lo nggak boleh makan siang. Lo harus kuat buat mengabaikan desakan dari cacing-cacing di perut. Biarin aja mereka anarkis di perut lo. Ntar kalo udah capek bakal istirahat sendiri kok. Mendingan lo ibadah atau ngelakuin kegiatan positif yang bisa membuat lo terhindar dari yang namanya keinginan makan siang.

4. Buka puasa kalo udah adzan magrib bukan adzan dzuhur

Via Giphy

Walaupun lo puasa, lo tetep harus fokus gaes. Jangan sampai lo buka puasa sesaat setelah denger adzan, padahal itu adzan dzuhur. Inget, lo bukan anak TK yang dibolehkan puasa setengah hari. Biar nggak salah, lo bisa nanya orang di sebelah lo. Tanya adzan yang lo denger tuh adzan magrib atau bukan.

5. Jangan makan dengan alasan lupa

Via Animate It

Ini nih penyakit yang sering banget dialami orang di hari pertama puasa. Udah makan ampe sepiring terus baru inget kalo dia lagi puasa. Duuuh, udah telat woy. Tuh nasi pecel sama es teh udah masuk ke perut lo. Sungguh ini tindakan yang nggak boleh terjadi lagi di puasa lo tahun ini.

Itulah beberapa hal yang harus lo lakuin di hari pertama puasa. Kasih tahu semua teman-teman lo, nenek, kakek, orangtua, adek, kakak, dan semua orang yang lo temui. Barangkali aja mereke lupa atau belom tahu.

Komentar