kesedihan anak kos di bulan ramadhan

*Pukpukpuk*

Di balik antusias dan kegembiraan menyambut datangnya bulan ramadhan, sesungguhnya terselip kesedihan di hati para anak kosan yang hidup jauh dari orangtua dan keluarga. Gimana yah, sebenernya sih pengen bahagia one hundred percent kek yang lainnya tapi apalah daya saat hati tidak bisa membohongi diri sendiri. Huuhuu. Yah meski sebenernya kesedihan ini bakal hilang setelah dikasih kolak pisang gratisan plus nasi padang di saat buka puasa nanti. Kalo lo juga anak kosan atau setidaknya pernah jadi anak kosan pasti pernah juga ngalamin momen yang menyedihkan kek gini. Bukannya lebay bin alay, kesedihan ini emang terlalu berat buat nggak diungkapkan. Rasanya pengen banget deh buat menceritakan ke seluruh dunia soal penderitaan ini. *LEBAAAY*

1. Nggak bisa sahur dan buka puasa pertama bareng keluarga

Via Odyssey

Sesuatu yang 'pertama' itu pasti istimewa, termasuk sahur dan buka puasa pertama. Ini cuma terjadi setahun sekali coy! Wajar dong kalo sebagian orang pengen melewatkan momen itu bareng sama keluarga tercinta. Sayang oh sayang, anak kosan malah sahur dan buka puasa sendirian. Mentok ditemenin sama guling kesayangan. Kalo yang punya pacar, bisalah buka puasanya sama pacar. Yang jomblo apa kabar?? Buka puasa sama angin yang berhembus mesra?? Naseeeeeeb. 

2. Sahurnya tengah malam

Via Shape Magazine

Kalo lo tinggal di rumah bareng sama orangtua lo, pasti lo akan sahur menjelang waktu imsyak. Beda nih sama anak kos. Sahurnya tengah malam atau sebelum tidur. Kenapa? Soalnya kalo mau ikutan sahur di waktu subuh, takutnya nggak bisa. Nggak ada yang ngebangunin. Biar aman, lebih baik makan di tengah malam aja. Prinsip yang dipegang adalah lebih baik sahur di tengah malam dibandingkan tidak sahur sama sekali. 

3. Nggak bisa terawih (pertama) bareng keluarga

Via We Heart It

Hari ini entah udah ada berapa puluh status di media sosial yang isinya keluhan dan kesedihan anak-anak kos yang nggak bisa terawih bareng keluarga. Apalagi terawih yang pertama nih, banyak bangeeet orang yang pengen melakukannya sama keluarga tercinta. Sayangnya semua terhalang jarak dan waktu. Ya sudahlah yah, semoga tahun depan bisa. Sekarang terawihnya sendiri dulu aja. 

4. Kangen masakan Mama

Via Tenor

Salah satu hal yang paling dirindukan oleh anak kos adalah masakan Mama, apalagi pas masuk bulan puasa gini. Aduuuh, rasanya kangeeen berat pengen ngerasain kolak, es campur, rendang, sop ayam, soto, dan semua makanan yang dibikin langsung dari tangan Mama. Emang sih semua itu bisa dibeli tapi tetep aja nggak ada yang bisa mengalahkan makanan bikinan Mama yang dibuat pake cinta. Seandainya aja kolak pisang bisa dikirim via JN*E yah. MAMA KIRIMKAN KOLAK PISANG KE KOS ANAKMU INIIIH!! PLEASEEEE!!!

5. Susah nyari warung buka (bagi yang nggak puasa)

Via Giphy

Poin yang terakhir ini biasanya dirasain sama teman-teman kita yang nggak puasa. Mereka jadi susah banget buat nyari warung buka apalagi di hari-hari pertama puasa. Biasanya warung makan baru akan buka di sore hari. Saat pagi dan siang, siap-siap aja nahan lapar atau mentok masak mi instan sebagai penyelamat saat perut udah masuk fase gawat darurat. 

Yah, begitulah beberapa curahan hati dari para anak kos di Indonesia. Meskipun ada kesedihan tapi tetep harus semangat yah buat menjalankan ibadah puasa tahun ini. Semoga bisa puasa penuh meskipun jauh dari keluarga. 

Komentar