Jangan Lakukan 10 Hal Ini di Saat Pemilu

Di pilkada ini jangan bikin malu. Okeh? 

Coba angkat tangan siapa aja nih yang tahun ini untuk pertama kalinya ikutan Pilkada? Satu... dua... tiga... sepuluh... seratus tiga puluh lima.. dua ribu lima ratus tujuh puluh delapan.. Wah, banyak yah, artinya suara kita berarti banget untuk nentuin masa depan bangsa. 

Sebagai pemilih pertama, lo harus bisa menyumbangkan suara lo sebaik-baiknya. Lo harus tau mana calon yang paling pantes untuk memimpin daerah lo, dan yang juga penting, lo kudu paham banget gimana caranya ikutan nyoblos. JANGAN sampe lo melakukan hal-hal ini yah: 

1. Memilih cagub/cabupati dengan melingkari nomor Pake pensil 2B. 

Jangan mentang-mentang lo udah mabok try out untuk persiapan UN, terus semua pilihan jawaban di dunia ini lo pilih dengan cara melingkarinya pake pensil 2B. 

2. Tulis Nama dan Tanda Tangan di Surat Suara 

Sekali lagi, surat suara bukan lembar jawaban ujian. Jangan sampe skip yah temen-temen. Jangan sampe lo mengukir nama, apalagi yang namanya pasaran, dan tanda tangan dengan paku. Nggak lucu dong pas lagi ngitung hasil perolehan suara, nama lo disebut. 

3. Coret-Coret Dinding Bilik Suara 

Bilik suara itu bukan toilet di terminal. Jadi, jangan coret-coret nama sekolah lo atau nulis "Joko Was Here" yah. Gawat. nanti yang terjadi malah para pemilih masuk ke bilik suara bukan untuk nyoblos melainkan bales-balesan coretan. 

4. MENGOSONGKAN KERTAS SUARA 

Ecamkan ini. Jangan kosongkan surat suara lo yah. Karena rentan disalahgunakan. Bukan nggak mungkin ada pihak yang mencari-cari surat suara kosong untuk memenangkan calon tertentu. Usahain sebelum berangkat ke TPS lo hunting dulu siapa aja calon gubernur/bupati/walikota di daerah lo dan mana yang visi misinya sesuai dengan harapan. Terus, kalau masih mentok juga, sebingung-bingungnya lo milih yang mana, lebih baik lo coblos sebanyak-banyaknya tuh surat suara. 

5. Coret-coret muka calonnya. 

Biasanya kan ada tuh yang anak yang kelewat kreatif. Muka Cagub/cabupati/cawalikota ditambahin kumis, tahi lalat, dll. Jangan yah. 

6. Ngelipet Surat Suara Jadi Origami 

Inget ya, ini pemilu. Bukan pelajaran KTK. Surat suaranya jangan dilipet jadi pesawat-pesawatan yah.

7. Selfie di Bilik Suara 

Jangan yah. Duh. Apalagi kalau selfie-nya sambil kasih liat surat suara yang udah lo coblos. Selfie-nya nanti aja, selfie nunjukin jari ungu lo. Lagian pas mau ke bilik suara petugas bakal meminta lo untuk menitipkan dulu gadget-gadget lo. 

8. Nyontek Atau Ngobrol ke Bilik Suara Sebelah. 

Walaupun lo sebelahan sama keluarga atau sohib lo di komplek, jangan lakukan ini yah. Selain ngeganggu konsentrasi pemilih di bilik lain, ini bukan ujian yang ada bener dan salahnya, jadi nggak perlu nyontek apalagi ngegosip. Banyak yang antre di belakang. 

9. Numpang Refil Spidol Pake Tinta Pemilu

Waah. Kalau ada yang bener-bener berani melakukan hal ini, P! bakal tepuk tangan sehari penuh deh. 

10. Sekalian Minta Dikutekin Pake Tinta Pemilu

Nggak tau lagi harus gimana deh kalau beneran ada yang melakukan ini.

 

Selamat ber-party-sipasi di pesta demokrasi. :D

Komentar

Login to P!