pancasila di mata dunia

Bangga punya Pancasila!

Di kelas biasanya ada 2 foto yaitu presiden dan wakil presiden. Selain itu ada juga gambar burung Garuda Pancasila yang dipajang. Lo pasti tahu dan kenal dengan baik sama Garuda itu. Nggak mungkin dong, lo nggak tahu sama dasar negara lo sendiri. Yaps, Pancasila adalah dasar negara kita sejak bertahun-tahun lamanya. Ngomongin soal Pancasila, kita semua wajib bangga punya Pancasila. Kenapa? Ada banyak banget sih alasannya, beberapa di antaranya adalah yang berikut ini nih. Ada sedikit ulasan soal pandangan dunia soal Pancasila. 

1. Pidato Bung Karno tentang Pancasila di Kongres Amerika

presiden sukarno

Via Wikipedia

Bung Karno yang merupakan penggagas Pancasila pernah berpidato mengenai Pancasila di sebuah kongres di Amerika pada tahun 1956. Lalu apa reaksi orang-orang yang ada di sana kala itu? Mereka semua nggak berhenti tepuk tangan karena saking kagumnya sama nilai-nilai Pancasila. 

2. Pujian Rusia kepada Pancasila

Rusia

Via Encyclopedia Britannica

Nggak cuma Amerika aja, Rusia juga pernah menyatakan kekagumannya akan Pancasila. Mereka dengan bangga memuji dan pernah mengatakan bahwa Indonesia pasti akan jadi negara yang sangat besar dan maju jika nilai-nilai Pancasila diterapkan dengan sungguh-sungguh.

3. Lagu Garuda Pancasila Membuat Band dari Prancis Tertarik Bawaiinnya

the shapers

Via WordPress.com

Lo pasti hafal banget lagu "Garuda Pancasila" sejak TK sampai sekarang. Lo juga sering denger lagu ini dinyanyikan di berbagai acara terutama saat upacara. Nah, lo pernah ngebayangin nggak, ada band luar negeri yang bawaiin dengan gaya indie-rock? Hasilnya cakep juga loh. Ada sebuah band dari Perancis bernama The Shaphers yang jatuh cinta sama lagu ini. Band ini sempat kolaborasi dengan band lokal di Jogja buat bawaiin lagu Garuda Pancasila. Mereka bahkan sampai minta agar lagu itu diterjemahin loh.

4. Komunitas Saint Egidio di Italia

Via OnuItalia

Komunitas apa ini? Komunitas ini dari Italia dan mengedepankan kemajemukan, guys. Mereka juga kagum banget looh sama Pancasila karena menurut mereka Pancasila bisa mempersatukan banyak perbedaan mulai dari agama hingga budaya. Komunitas ini sangat mendukung Pancasila banget pokoknya.

5. Orang Jepang Kagum sama Pancasila

Via bitshare.cm

Orang Jepang juga kagum sama Pancasila. Mantan perdana menteri Jepang sendiri yang mengatakan kekagumannya sama Pancasila dan nekanin juga buat kalian agar Pancasila bisa bertahan terus. 

Orang luar negeri aja sampai memuji dan mau nerapin juga loh konsep Pancasila, masak lo yang emang pemiliknya nggak mau menerapkan nilai-nilainya sih. Yok, kita belajar buat lebih bisa menerapkan nilai-nilai yang terkadung pada Pancasila di kehidupan sehari-hari. Jangan cuma ngafalin lagu dan lima sila aja. 

Komentar