motivasi orang nanya kapan nikah

Jangan langsung baper begitu baca judul.

"PLEASE JANGAN TANYA KAPAN NIKAH, GUEEEH UDAH BOSAN DAN MUAK!" Ada yang lagi pengen teriak sambil ngomong kek gitu ke orang-orang yang tiap ketemu bukannya nanya kabar tapi malah langsung nodong dengan pertanyaan kapan nikah? Tarik nafas dulu nak, tarik nafas sedalam mungkin dan tahan sampai doi mau lo ajak nikah ehh enggak deh. Bercanda kok. P! tahu itu butuh waktu yang lama selamanya. Tenang aja deh, nggak usah dibawa emosi tiap ada pertanyaan itu terdengar di telinga lo karena kita sama kok. *malah curhat* Saking seringnya dapat pertanyaan itu, rasanya sampai pengen bikin jawaban yang ditempel di jidat. 

Masing ngomongin soal pertanyaan 'kapan nikah', lo pernah kepikiran nggak sih kenapa orang-orang tuh suka banget tanya soal hal ini seolah-olah nggak ada pertanyaan lain yang bisa diajukan di muka Bumi ini. Hmmmm, kalo direnungkan, sesungguhnya inilah motivasi orang yang hobinya tanya 'kapan nikah?'.

Pengen pamer dong

Via Giphy

Biasanya orang yang tanya kapan nikah adalah orang yang udah nikah atau seenggak udah dalam proses menuju halal. Mereka pasti bakal selalu tanya 'kapan nikah' ke teman-teman, saudara, tetangga, bahkan kalo perlu semua orang yang dia temui di jalan. Tujuannya bukan karena dia pengen bener-bener tahu. Sesungguhnya mereka adalah golongan orang-orang yang pengen pamer bahwa mereka udah punya pasangan. "Kapan nikah" bisa diartikan "NIH GUE UDAH LAKU. NGGAK KAYAK LO YANG SENDIRI TERUS SEJAK DALAM KANDUNGAN SAMPAI SEKARANG UDAH MAU UBANAN."

Biar lo nggak lupa kalo lo masih jomblo

Via Giphy

Motivasi lain adalah pengen mengingatkan ke lo bahwa lo adalah seorang jomblo. IYA, LO JOMBLO! Bagian ini perlu banget ditulis dengan capslock karena ini adalah pengingat. Kenapa harus diingetin dengan cara ini? Mungkin mereka nggak tega mau bilang "Gue udah nikah, lo masih jomblo aja?". Mereka juga nggak mau nyakitin lo dengan bilang "SADAR DIRI WOY, LO JOMBLO". Kalimat itu terdengar jahat dan nusuk banget kan? Makanya diperhalus dengan cara nanya kapan nikah. Yah, meski pada akhirnya sama-sama nusuk sih. 

Mau nge-bully aja 

Via Giphy

Nggak tahu kenapa, nge-bully jomblo atau orang yang udah pacaran lama tapi nggak kunjung nikah tuh selalu menarik dan jadi hiburan tersendiri. Reaksi dan tingkah mereka mendadak bakal jadi aneh dan bikin ngakak. Sebenernya orang yang tanya kapan nikah ini udah tahu kalo lo nggak bisa ngejawab pertanyaan mereka. Yah, intinya sih nggak semua pertanyaan diajukan karena orang pengen dapat jawaban atau pengen cari tahu sesuatu. Contohnya yah yang satu ini. Tujuannya cuma buat nge-bully lo aja. 

Pengen segera dapat gratisan

Via Giphy

Yang namanya pernikahan tuh identik sama pesta yang penuh sama makanan enak. Bisa jadi orang-orang yang sering nanyain soal kapan lo nikah adalah orang yang sedang berharap banget buat makan enak secara gratis. Ditambah lagi ada hiburan musik yang mereka nantikan sebagai ajang buat karaoke gratis. Satu lagi nih, bisa juga mereka ngarep dapat baju seragam dari pengatin. Mayan kan bisa nambah koleksi baju yang bisa dipakai buat kondangan. Selama ini bajunya itu-itu aja soalnya. 

Mau nyiapin duit buat bayarin sewa gedung plus katering 

Via Giphy

Jangan negative thinking mulu. Orang hidup tuh harus selalu positive thinking kan? Ada kemungkinan juga orang-orang yang tanya kapan nikah itu pengen nyiapin duit buat bantuin biaya nikahan lo. Inget loh, nikah tuh nggak murah gaes kalo pakai pesta. Lo harus sewa gedung, bayar katering, bikin baju, ngasih kain buat bridesmaids, saudara, tetangga, dll dll. Pokoknya mahal! Nah, orang yang tanya tuh pengen nyumbang ke lo. Mayan kan? 

Mungkin dia pengen lo nikahin cuma nggak berani ngomong langsung

Kemungkinan yang terakhir adalah yang wajib lo renungkan. Coba lo pikir dengan tenang dan seksama. Siapakah orang yang sering banget nanyain soal kapan lo akan nikah. Kalo dia adalah lawan jenis lo dan saat ini berstatus sebagai teman atau gebetan, ada kemungkinan dia lagi ngasih kode ke lo. Dia pengen lo ngajak dia nikah. Dia udah siap lo nikahi cuma lo nggak peka aja. Dia nggak mau ngomong langsung juga karena takut bakal lo tolak. 

Itu adalah beberapa motivasi orang nanyain soal kapan lo nikah. Yah, intinya sih nggak usah terlalu dipusingkan. Kalo lo masih jomblo, fokuslah buat mikir soal cari yang diajak nikah dulu. Nggak usah terlalu mikir soal kapan nikahnya. Ntar kalo ada yang tanya lagi soal kapan nikah jawab aja "kapan-kapan kalo sempat". Dia pasti bakal diem kok. 

Komentar