SELAIN PERCAYA TUHAN KITA HARUS PERCAYA DIRI 1

**Syarat dan ketentuan berlaku

Sekarang, Senin 14 April hingga Rabu 16 April 2014 anak kelas XII ujian nasional (UN), demi menentukan kelulusan dan nilai akhir mereka. UN adalah ajang penentuan yang sangat penting, apalagi UN tahun ini memang menggunakan sistem baru (sialnya, tiap tahun sistem UN berubah-ubah melulu sih). Nilai UN kita turut jadi bahan pertimbangan dalam seleksi masuk universitas. Kedua, UN sekarang mengikuti standar sekolah internasional. Komposisi soalnya adalah 20 persen soal sulit, 10 persen soal mudah, dan 70 persen soal kategori sedang. Ke tiga, ada berbagai tipe soal UN, kamu sama teman di sebelah kamu nggak mendapatkan soal yang sama. Itu artinya, kemungkinan berhasil nyontek sangat kecil. 

UN bikin tegang? Nggak salah sih kalau ada yang mikir begitu. Tapi, menurut P! nggak ada gunanya juga kalau kita tegang menghadapi UN. Yakinlah, UN itu mudah, apalagi kalau kamu udah melakukan hal-hal ini: 

Percaya Tuhan dan Percaya Diri 

Kunci sukses UN itu ya percaya diri dan percaya. Percaya aja kalau kita belajar pasti UN bakalan gampang. asalkan yang dipelajarin tepat juga sih. Jangan sampe lo UN matematika tapi kamu malah belajar dari tutorial ngilangin jerawat di photoshop. Selain itu, sebelum UN kan kamu juga udah ikut banyak banget try out tuh. Jadi, udah nggak ada alesan lagi untuk nggak PD lo bisa ngerjain UN. kamu pasti bisa

Selain itu, percaya diri itu bikin kita nggak usah nyontek. Lebih baik menebak-nebak jawabannya sendiri ketimbang harus nyontek. Pertama, jawaban temen lo juga belum tentu bener. Kedua, nyontek itu riskan. Apalagi sekarang pengawasannya pake CCTV. 

Kita juga kudu percaya Tuhan. Berdoa itu perlu, tapi nggak perlu heboh. Minta doa di socmed, dateng ke orang pinter, minta pensil 2Bnya disembur air doa, atau tiap hari selama dua minggu penuh ke paranormal biar digampangin UN-nya. 

Belajar Secukupnya 

Jangan belajar berlebihan. Apalagi kalau sampe jadwal kamu tiap hari tuh pulang sekolah bimbel, sampai rumah les sama guru privat, malemnya belajar sendiri lagi. 

Sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, teh manis yang kebanyakan gula bakal nggak enak rasanya, sayang sama orang berlebihan pun akhirnya bikin kita ngarep dan sakit banget kalau "jatoh", apalagi kalau orang itu adalah mantan kamu. Begitu pula dengan belajar. Kebanyakan belajar bisa bikin begah loh. Hasilnya, nanti pas UN kamu malah ngantuk karena belajar sampe begadang. 

Menghindari Drama

Jangan lebay menghadapi UN. Nggak perlu heboh, sampe mesti ngirim Broadcast Message minta doa dan semangat ke orang-orang, panik dan ngeluh di Twitter. Kalau kamu dramatis kayak gitu, tanpa sadar kamu udah mensugesti diri kamu sendiri bahwa UN itu bakal berujung susah, bikin panik, dan penuh keluhan. Sebenernya, tanpa ada UN pun, hidup kita ini selalu dipenuhi ujian. Betul nggak? Itu artinya kita udah terbiasa menghadapi ujian. UN memang beda sih. Tapi nggak perlu berlebihan juga. 

Daripada Beli Bocoran Mending Uangnya untuk Liburan

 

Dari jaman ke jaman, mau secanggih apa pun sistem yang dibuat oleh Kemendikbud, bocoran UN selalu ada dan selalu laku dibeli. Sekarang pun harga "gorengan" ini semakin mahal. Ada paket 7 juta sampai yang 30 jutaan. Anak sekolah yang panik sama UN bergerilya patungan demi membeli bocoran itu. 

Coba pikir baik-baik, apa iya, kamu harus sampai ngeluarin harga segitu gedenya untuk ngebayar rasa nggak PDan dan rasa males belajar kamu? Menurut P! sih, mendingan lo belajar yang giat terus uangnya ditabung untuk menghadiahi diri lo sendiri kalau udah sukses menyelesaikan UN. Untuk liburan atau nonton konser. Rasanya bakal lebih puas pasti. 

Giman UN hari ini? Gampang kan?!

Komentar