hal hal yang harus dilakukan

Enaknya ngapain yah?

Namanya juga orang hidup, nggak selalu sibuk. Pasti ada waktu di mana lo nggak tahu lo mau ngapain. Pokoknya lo bener-bener bingung harus ngapain. Lo nggak ngerti lagi apa yang mau lo lakuin. Lo mentok. Lo nggak ada ide. Lo bener-bener blank. Namanya juga orang nggak tahu, pasti lo bingung dong harus berbuat apa? Iya lo bingung sebingung tulisan ini. Dari tadi tuh ngomongin apaan sih. Kagak jelas abeeees. Hmmm, daripada lo pusing, gue pusing, dan kita semua pusing, mendingan langsung ke inti masalah aja yah. Kita bakal ngomongin soal hal-hal yang harus banget lo lakuin saat lo nggak tahu mau ngapain.

Tetep nafas

Via Giphy

Meski lo lagi bingung. Lo kehilangan arah. Lo nggak ngerti mau ngelakuin apa, lo tetep harus nafas. Jangan sampai lo memutuskan buat berhenti nafas hanya karena lo lagi nggak tahu mau ngapain. Ini kesalahan fatal. Jangan pernah coba-coba. Satu lagi, nafasnya lewat hidung yah, bukan lewat pusar. Okeeeh?

Jangan lupa gerak

Via Giphy

Selain nafas, usahakan lo gerak. Nggak harus ngasih gerakan atraksi akrobatik, terjun payung, atau kayang-kayang. Gerakan yang sederhana aja. Misalnya gerakin jari atau kaki. Kenapa harus banget gerak? Biar jadi tanda bahwa lo masih bernyawa. Lo belum dikutuk jadi batu. Hihi.

Kedip kali

Via Giphy

Kalo lo bener-bener males dan udah di level nggak tahu mau bikin gerakan gimana, seenggaknya lo bisa kedip. Iya, jangan lupa buat mengedipkan mata lo beberapa detik sekali. Kalo lo nggak kedip sama sekali jadinya pasti sereeem.

Mikir

Via EdPeer

Saat lo lagi nggak tau mau ngapain, cobalah buat mikir. Nggak usah mikir yang berat-berat, ntar capek. Mendingan mikir yang ringan aja. Misalnya mikirin soal mikir mau ngapain. Paham nggak maksudnya? Kalo nggak paham, coba dipahami dan dipikirkan biar lo ada kerjaan dan seenggaknya sekarang ini lo nggak sepenuhnya nggak ngapa-ngapain karena lo lagi mikir. Yeee kan??

Istirahat

Via Gif Images

Kalo lo udah capek nafas, gerak-gerak, kedip, dan mikir soal mikirin mau ngapain, lo boleh istirahat aja deh. Lo kayaknya udah capek dan pusing mikir soal apa inti dari tulisan ini. Ya kan? Daripada lo emosi sendiri dan kesel, gih istirahat karena sesungguhnya istirahat adalah kegiatan. Saat lo istirahat, lo nggak 'nggak ngapa-ngapain' looh.

Kira-kira begitulah penjelasan tentang hal-hal yang harus dilakuin saat lo nggak tahu harus ngapain. Semoga menginspirasi lo. Kalo lo merasa nggak terinspirasi, yaudah nggak apa-apa soalnya ini emang nggak ditujukan buat menginspirasi. Tujuannya cuma buat ngasih kerjaan buat lo aja. Biar lo, yang saat ini lagi nggak ngapa-ngapain, jadi ada kerjaan yakni baca tulisan ini. Mwuaaaaah.

 

Komentar