Post UN Syndrome

7 Hal yang terjadi pada anak kelas XII setelah UN

UN itu sama kayak naik pesawat. Ada tegangnya, lama, dan setelah selesai ada gejala-gejala khusus yang kita rasakan. Kalau setelah naik pesawat kita ngerasain jet lag, nah apakah yang terjadi setelah UN? 

Lega Nggak Lega 

Lega karena ujian akhir sekolah satu ini udah lewat. Semua perjuangan belajar, ikutan bimbel, dijejelin try out akhirnya reda. Tapi, ternyata nggak bisa lega sepenuhnya. Karena masih deg-degan nunggu hasil nilainya (yah kalau soal kelulusan mah pasti lulus lah yah) dan masih harus mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi. 

Ah, di atas ujian masih ada ujian. 

Nggak Dapet Uang Jajan 

Keluhan yang cukup banyak juga didengar dari temen-temen kelas XII yang baru beres UN. Karena mereka udah nggak kudu ke sekolah orangtuanya pun ngerasa nggak perlu ngasih uang jajan. Kalau pun mau ngasih, cuma kalau perlu banget. 

Akhirnya, banyak anak yang cari akal. Contohnya, ngaku mesti ke sekolah untuk bahas soal (padahal mah cuma nongkrong), atau malah ada yang rela ikutan bimbel lagi, biar ada kesempatan untuk dapet uang jajan. 

UN Berakhir, Bimbel Lanjut Terus 

Ini yang paling P! bingungin. Banyak anak yang setelah beres UN langsung lanjut bimbel untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Nggak tanggung-tanggung, ada loh yang jadwal bimbelnya tiap hari. Emangnya nggak muak apa belajar mulu? Emangnya segitu harusnya diforsir yah belajarnya? Nggak butuh istirahat barang seminggu dua minggu gitu dari bimbel? 

Mikirin Kuliah 

Maklum sih, kuliah itu berbeda banget dengan kehidupan di SMA. Nggak heran kalau banyak anak yang udah mulai banyak nanya-nanya ke para seniornya tentang kehidupan setelah kuliah. Entah itu sebagai ajang PDKT ke senior atau ya beneran pengen tau. Udah pasti, si senior juga antusias banget kalau ada yang nanya kehidupan kuliah ke dia. anak-anak visioner kayak gini pengen punya bayangan tentang gimana rasanya diospek, gimana rasanya ngekos, trik bawa pacar ke kosan, gimana sistem belajar di kampus, dll. 

Tour ke Kampus-Kampus Idaman 

Minggu ini ke kampus yang di Lampung, minggu depan ke kampus yang di Jatinangor. Nggak sedikit emang anak kelas XII yang udah mulai survey ke kampus-kampus untuk cari referensi sekaligus ngicipin kehidupan kampus. 

Tetep Rajin Ke Sekolah, Mejeng di Depan Adek Kelas 

Ngaku deh, pasti ada dari kamu yang melakukan kayak gini. Walau libur tapi kamu sering main ke sekolah. Alesannya sih mantau perkembangan penilaian UN, atau mantau kabar dari guru. Padahal niat utamanya untuk mejeng sekaligus tebar pesona ke adek-adek kelas. Siapa tau bisa dapet gebetan sebelum lulus. 

Kabur Liburan 

Ini yang paling P! suka sih. Liburan. Maan, liburan itu penting. Kamu perlu banget untuk menjadwalkan liburan dalam setahun hidup kamu. apalagi kalau abis melewati ujian besar. Liburan itu sama dengan nge-charge diri lo. Udah gitu kalau liburannya ke tempat yang jauh, perjalanan bakal ngasih kita banyak banget cerita seru dan pelajaran. 

P! yakin banyak juga anak-anak kelas tiga yang "kabur" berhari-hari atau malah berminggu-minggu untuk liburan ke pantai atau naik gunung, atau sekadar backpacking ke kota-kota lain. 

Komentar