hal hal yang nggak seharusnya dianggap wajar

Karena yang salah nggak bisa jadi bener apapun alasannya.

Dalam kehidupan sehar-hari kita pasti sering denger orang bilang "itu sih wajar". Emmmm, respon itu emang cocok sih kalo ditujukan buat sesuatu yang emang masuk akal dan bisa diterima. Sesuatu yang nggak akan ngasih kerugian ke orang lain. Misalnya aja lo makan pakai tangan, bukan kaki. Lo buang angin. Lo jalan pakai kaki bukan mata. Yaaah, itu semua emang wajar tapi ada beberapa hal yang salah dan dianggap wajar. Padahal seharusnya hal-hal ini nggak dianggap wajar karena udah jelas ngasih dampak buruk dan ada yang dirugikan.

Nggak tepat waktu

Via Tenor

Tiap kali janjian sama orang atau datang ke acara tertentu dan acaranya ngaret, orang pasti dengan gampangnya bilang "biasalah, ngaret". WOYYYYY!!!!BIASA GIMANA? GUE UDAH RELA BANGUN PAGI, UDAH BURU-BURU, TERUS LO DENGAN MUDAHNYA BILANG BIASA??? Bikin emosi aja deh. Hal itu harusnya nggak boleh dianggap biasa dan wajar. Orang yang suka telat adalah orang paling egois di dunia. Dia nggak mikir apa kalo orang lain tuh udah berusaha banget buat tepat waktu dan tolong diinget yah, orang lain tuh punya acara lain juga. Nggak cuma ketemu sama lo doang. Kalo lo ngaret, otomatis acara dia yang selanjutnya bakal berantakan. Lo mikirin itu nggak sih?

Ngerokok sembarangan di tempat umum

Via Imgur

Ini nih sebuah kesalahan yang sering kali dipaksakan untuk dimaklumi padahal udah jelas-jelas merugikan banyak orang. Kalo lo perokok, lo mau hidup nggak sehat. Itu nggak apa-apa. Itu urusan lo. Kalo lo sakit, lo yang ngerasain. Nah, yang jadi masalah adalah saat lo dengan santainya menyebarkan penyakit ke orang-orang. Kok bisa? Laaah, harusnya lo udah paham dan khatam banget soal bahaya asap rokok buat perokok pasif. Meski nggak ada tulisan dilarang merokok, harusnya lo lebih sadar diri dong.

Buang sampah seenak jidat

Yang selanjutnya adalah makhluk-makhluk di muka Bumi yang hobi banget buang sampah sembarangan. Habis makan apapun, langsung buang gitu aja atau malah diselipin di tempat tertentu biar nggak ketahuan buang sampah. Woyyyy!!! Sama-sama buang sampah, kenapa nggak dimasukin ke tempat sampah aja sih? Kalo jauh atau nggak ada, lo harus berani bertanggung jawab dong. Sampah itu lo simpan dulu aja. Masukin ke tas atau saku dulu.

Ngelawan arus di jalan searah

Via Tenor

Hayoooh, siapa yang sering ngelawan arus saat di jalan raya. Gara-gara lokasi puter baliknya jauh, banyak orang mewajarkan pelanggaran ini. Haduuuh, ini bahaya banget loh. Selain membahayakan diri sendiri, lo juga mengancam keselamatan orang lain yang udah tertib sama aturan. Tolong dong, jangan terlalu egois dengan membuat orang lain yang nggak tahu apa-apa jadi ikutan nanggung resiko dari kesalahan lo. Bayangin deh, seandainya yang melanggar itu orang lain terus yang celaka lo. Gimana perasaan lo?

Minta tolong orang asing buat ngefotoin tapi banyak maunya

Via Giphy

Sebuah kebiasaan baru yang bisa dibilang cukup ngeselin sih. Karena kebutuhan media sosial, belakangan ini banyak orang yang minta tolong ke orang asing buat difotoin. Emmm, nggak apa-apa sih asalkan minta tolongnya nggak pake neko-neko. Yang ngeselin dan nggak wajar adalah saat permintaannya banyak banget. Entah cahayanya kurang, angle nggak pas, keliatan gendut, ada yang kepotong, dll dll. WOY!! LO MINTA TOLONG LOH. GUE BUKAN BABU LO!

Motret kecelakaan terus unggah ke sosmed tanpa sensor

Via Popbuzz

Tiap kali ngeliat kecelakaan orang zaman sekarang cenderung akan latah langsung memotret dan mengunggahnya ke sosmed. Niatnya bagus sih, buat ngasih info ke orang lain. Yang disayangkan adalah seringkali orang mengunggah foto korban tanpa sensor sedikitpun. Darah di mana-mana, fotonya terlalu mengerikan sehingga bikin orang jadi takut, dan masih banyak lagi. Padahal semua kan ada etikanya. Harusnya ini lebih diperhatikan lagi sih.

Itu baru sebagian aja dari beberapa hal nggak wajar yang emang seharusnya nggak boleh dianggap wajar. Kita bakal jadi egois banget kalo kita terus-terusan melakukan kesalahan itu dan mencoba buat berlindung di balik berbagai macam alasan yang sebenernya tetep nggak masuk akal.

 

Komentar