arek-surabaya.jpg

Yang arek Surabaya, nggak disadari pasti ngomongnya begini, hehe.

Dari kemarin banyak tuhhhh yang ngebahas gimana cara ngobrol netizen Jakarta Selatan (JakSel). Mulai dari yang pakai which is, literally, dan lain-lainnya yakkk~ Nah, gaya bahasa yang bermacem-macem begini nggak cuma ada di JakSel, di Kota Surabaya juga ada. Rasanya kalau arek Surabaya ngobrol nggak pakai imbuhan kata-kata di bawah ini itu kurang afdol. Hayooo, yang arek Surabaya mana suaranya? Termasuk yang kayak gini nggak nih, rek?

 

1. "Rek"

Kalau mau ngobrol apa pun kalimatnya, pasti ada imbuhan di bagian akhir dengan kata "rek". Kata "rek" ini sebenernya berasal dari arek yang punya arti dalam Bahasa Indonesia yakni anak. Tapi kalau di Kota Surabaya paling sering dipakai buat manggil temen-temen, mau temen cowok atau cewek dipanggilnya pasti rek. Misalnya nih, mau ngajakin temennya jalan-jalan, udah keburu-buru. Kalimatnya pasti begini,

"Ayo, rek!" (Ayo)

"Cepetan, rek!" (Buruan)

"Suwine, rek!" (Lamanya)

 

2. "Ta"

Ada lagi nih imbuhan kata yang selalu muncul di kalimatnya arek-arek Surabaya. Adalah "ta" yang selalu muncul di bagian akhir kalimat, hampir sama kayak rek penggunaannya. Cuma nih, kalau ta digunakan buat kata bertanya. Jadi nih, kalau lo lagi denger ada orang ngobrol dengan akhiran ta pasti dia orang Surabaya tuh, hehe. Contoh kalimatnya kayak begini nih.

"Udah makan, ta?" (Sudah makan?)

"Kamu marah sama aku, ta?" (Kamu marah sama aku?)

"Lho, kamu jadian sama mantannya mantanku, ta?" (Lho, kamu jadian sama mantannya mantanku?)

 

3. Tambahan Huruf U yang Banyak di Bagian Tengah Kata

Entah kenapa secara nggak sadar atau disadari, orang Surabaya selalu mengungkapkan sesuatu yang lebih selalu dengan imbuhan huruf "u" di tengah kata tersebut. Contohnya kayak begini:

"Uuuuangel sumpah ujiannya tadi" (Susahhhh banget sumpah ujiannya tadi)

"Uuuuenak sambalnya ini, mantap!" (Enak banget sambalnya ini, mantap!)

"Uuuuayuu banget ya Agnez Monica" (Cantik banget ya Agnez Monica)

 

4. Tambahan Huruf M di Bagian Depan Kata

Hampir sama kayak imbuhan huruf "u" yang ada di nomor 4, tambahan huruf "m" ini secara nggak sadar sering diucapin sama arek-arek Surabaya. Contohnya kayak kata-kata di bawah ini nih:

"Aku mau liburan ke mbali minggu depan, maaf ya nggak bisa ketemu" (Aku mau liburan ke Bali minggu depan, maaf ya nggak bisa ketemu)

"Kalau pergi ke mbandung, jangan lupa ke Paris van Java, ya!" (Kalau pergi ke Bandung, jangan lupa ke Paris van Java, ya!"

"Anaknya udah mbelani kamu, tapi kok kamu nggak terima kasih?" (Anaknya udah belain kamu, tapi kok kamu nggak terima kasih?"

 

Hayooo yang arek Suroboyo, kata-kata apa lagi nih yang jadi ciri khas dari kota kalian yang barang kali belum P! sebutin di atas. Nggak nyangka ya, ternyata orang Surabaya nggak kalah kreatifnya sama kota-kota sebelah, lho. Bangga dong ya sama bahasa dari daerah kalian masing-masing, kan jadi ciri khas gitu, hehe.

Komentar