header ciri ciri orang beracun yang perlu lo ketahui

Karena jangan sampe kita ini 'beracun' dan ngasih 'racun' ke orang lain

 

Ada yang bilang kalo semakin dewasa seseorang maka jumlah temannya akan semakin sedikit. Alasannya, semakin dewasa, kita semakin memahami mana yang orang yang memang tulus berteman dengan orang yang hanya memanfaatkan. Semakin kita juga paham mana orang yang bisa membuat kita saling bermanfaat satu sama lain dan mana orang yang cuma bisa memanfaatkan.

Dan buat orang-orang suka seenaknya dan cuma mau enaknya aja itu disebut sebagai toxic friend. Jadi kalo kata orang-orang di dunia maya, semakin dewasa kita makin ngerti mana teman yang beneran dan mana yang toxic buat hidup kita.

Eh tapi sadar nggak sih, bisa aja nih yaa ternyata tuh kita yang selama ini toxic buat hidup orang lain. Maksudnya tuh, teman kita berkurang karena mereka 'memutuskan' pertemanan dengan kita. Singkat katanya, ternyata kita yang nggak baik dan suka seenaknya aja jadi temen.

Nah gimana kalo kita cek dan ricek diri kita. P! mo ngasih tau lo ciri-ciri orang yang toxic nihh. Cirinya antara lain:

Suka ngomongin orang di belakang

via GIPHY

Biasanya nih yaa orang yang suka ngomongin orang di belakang, dia bakal ngomongin lo juga ketika lo nggak ada. Iya kalo yang diomongin yang baik-baik, kalo yang jelek terus fitnah? Jangan jadi kayak gini guys! Karena kalo kata orang bijak di internet, "sahabat selalu membicarakan keburukan lo tepat di muka lo". Gitu.

Suka minjem sesuatu tapi kalo diminta balikin malah marah

via GIPHY

Entah itu duit, barang, atau apapun. Ketika lo minjem dari orang maka lo berkewajiban untuk mengembalikan. In case emang lagi nggak bisa ngebalikin is oke. Cukup bilang dan kasih alasan yang sebenar-benarnya, bukan yang mengada-ada. Bukan jadi marah-marah terus nge-block semua media sosial temen yang suka minjemin lo segala hal. Itu namanya nggak tau diri. So jangan jadi kayak gini yaa!

Dateng pas butuhnya doang

via GIPHY

Kalo kata pelajaran PPkN, sebagai makhluk sosial kita kudu saling membantu. Garisbawahi yaa, SALING MEMBANTU. Nah toxic people nggak ngerti sama itu. Dia maunya cuma dibantu tapi nggak mau ngebantu. Pas butuh bantuan bakal dateng terus ngebaek-baekin. Tapi pas orang lain butuh, bakal ngilang. Hilang nggak berbekas kek ketelen bumi.

Maunya diperhatiin terus

via GIPHY

Ini hampir sama kayak poin di atas. Toxic people pengennya jadi pusat perhatian. Pengen diprioritasin. Padahal kan tiap orang punya urusannya masing-masing. Kalo lo tergolong toxic people, lo bakal marah, bete dan kesel kalo temen lo main tanpa lo. Lo bakal kecewa berat ketika dia nggak ngabarin lo pas liburan sekolah. Lo bakal iri banget dia main sama orang lain.

Nggak suportif

via GIPHY

Ketika lo menganggap teman lo sendiri adalah saingan dan menghalalkan segala cara untuk menyalip bahkan sampe menghancurkan maka lo tergolong toxic people. Berkompetisi itu boleh. Berlomba juga boleh. Yang nggak boleh adalah lo jadi culas saking ambis-nya.

Nah kira-kira itulah ciri-ciri teman yang toxic alias 'beracun' buat hidup lo. Coba cek ricek lagi apakah lo memiliki ciri-ciri di atas? Kalo iya, yukk diperbaikin. Jangan dilanjutin tuh sikap dan sifat buruk. Biar nggak ditinggal sama temen. Karena hidup nggak punya temen itu sedih.

Lo juga bisa cek apakah temen lo yang selama ini ada di sekitar lo punya ciri-ciri di atas? Kalo ada, coba diajak ngobrol supaya ia tersadar dan memperbaiki diri. Tapi jangan jadi ngerasa paling bener sendiri yaa. Kalo dia kekeuh mau tetap jadi toxic people, yaudah mundur perlahan. Bukan tugas lo untuk memperbaiki perilaku manusia. Cukup kenal dan cari teman baru yang nggak toxic.

Komentar