unfollow

Satu kata untuk temen yang twitnya Bikin Risih: Unfollow!

Memang betul sih, di media sosial, termasuk Twitter, kita bisa sebebas-bebasnya ngomong apa pun. Twitter adalah wadah untuk kita berpendapat dan berekspresi. Tapi setuju nggak kalau kita juga perlu menyadari kalau Twitter itu adalah ruang publik, tempat banyak orang kumpul di situ.      

Nggak ada kitab khusus yang membahas etika bertwitter-ria memang, tapi yaa etika kayak gini kan kudu disadari sendiri. Sama kayak jalan raya, trotoar, telpon umum, dan fasilitas publik lainnya, Twitter bukan punya nenek, encang, encing lo doang. Jadi, twit yang kita kicaukan kudu mesti mempertimbangkan kepentingan publik juga.  

Kenapa artikel ini ditulis? Karena makin ke sini makin banyak temen-temen yang twitnya bikin risih. Kalau ada yang seperti ini, lupakan pertemanan sejenak deh, unfollow aja. Halal kok. Hehe. Nggak usah ragu. Nggak usah bilang-bilang juga. Lagian unfollow orang kan nggak ketauan.

Kalau perlu, Daripada nge-block vimeo.com  mendingan Pak Tifatul Sembiring dari Depkominfo ngeblock deh akun-akun Twitter ini.

1. (sangat) Fakir Follback

Isi timeline-nya cuma tweet minta difolbek sama semua seleb yang dia idolakan. Justien Bieber, Katy Perry, Agnez Mo, sampe Aurel pun dia mintain follback. Terus, tiap kali ada seleb yang bikin #openfollback dia makin agresif.

2. Cuma Ngeluh dan Ngatain Orang Doang Kerjaannya

Pokoknya tiap temen tipe satu ini ngetweet auranya negatif dan penuh drama deh. Hidupnya penuh nestapa dan kedengkian. Persis kayak tokoh-tokoh di sinetron yang diperanin sama Meriam Bellina.

3. Isi Timelinenya Cuma Postingan dari Path, Foursquare atau Ask FM

Ini adalah tipe pengguna Twitter yang nggak konsisten. Dia udah nggak buka-buka Twitter sama sekali sebenernya, dan udah hijrah ke Path. Tapi dia seolah nggak mau kehilangan eksistensinya gitu di Twitter jadi tiap postingan path-nya di-share ke Twitter juga.

4. Yang Cuma Pacaran di Twitter

Ada dua kemungkinan sih temen yang jadi kayak gini. Pertama, yang pacaran sama orang yang emang dikenalnya dari Twitter. Kedua, ya yang emang pengen show off kemesraan dia. Padahal udah ada Whatsapp bahkan juga ada Line yang stiker-nya unyu dan mesra-mesra semua, tapi ternyata ada juga yang doyan banget pacaran di Twitter. Udah gitu, mereka mention si pacarnya itu bukan di awal twit, jadi twitnya masuk ke timeline semua follower-nya. Maunya apa coba? pengen bikin iri para jomblo?

 5. Twitter = Perpanjangan Suara Hatinya

Karena ternyata ada juga orang yang seriiiing banget ngetwit. Apa pun yang terlintas di pikirannya, apa pun yang terjadi padanya, dikabarin via Twitter. Seolah twitter adalah perpanjangan suara hatinya. Mending kalau twit-nya lucu, seru, informatif, atau layak untuk dibaca nah biasanya remeh banget lah. Mikir mau pake sepatu kiri atau kanan dulu aja dia twit, setiap suap makanannya pun dia twit.

6. Temen Yang Nyebar Iklan Baris Minta di-Follow Kayak gini nih:

Nggak tau deh P! tipe pengguna Twitter yang kayak gini disebutnya apa? yang jelas mereka doyan banget ngetwit segala hastag yang lagi jadi trending topic. format twitnya juga kayak format twit spam gitu.

Komentar