8 Cara Alternatif Untuk Cari Dana Pensi

Karena Pensi Nggak Bisa Cuma Ngandelin Sponsor dan Donasi,

Kayaknya yang namanya Dana itu jadi bintang banget yah tiap kali ada anak sekolah mau bikin pensi. Dana selalu dicari. Tanpa dana, pensi nggak bisa terjadi. Bahkan ada yang sampe berkorban banget demi pentas seni sekolahnya bisa maksimal kerennya.

Ngandelin donasi alumni, orangtua murid dan sponsor kadang nggak cukup untuk ngumpulin dana. Karena itulah, P! mau kasih cara-cara alternatif biar pensi kamu bisa terwujud. Jangan mau kalah sama Mak Erot yang bisa memperbesar pensi yah. Kita nggak boleh kalah sama dana untuk memperbesar pensi sekolah kita.

1. Jual Bunga di Malam Minggu

Cara ini sering banget dilakukan. Di sekitaran jalan Dago, Bandung tiap malem minggu, pengemis dan pengamen pasti punya pesaing. Yaitu para pelajar yang ngamen dan jual bunga untuk nambah dana acaranya. Jual bunga memang cukup menguntungkan sih.

2. Ngamen Eksklusif

P! udah sering sih ngeliat ada anak sekolah yang ngamen di kafe-kafe atau di jalan untuk nyari dana. Tapi kadang P! kesel. Kualitas lagu yang dibawain nggak ada bedanya sama pengamen biasa. Udah gitu seringnya para panitia yang lagi nyadan (nyari dana) ini datangnya bergerombol. Ada baiknya, ritual 'ngamen' cari dana ini kamu bikin lebih niat. Cari temen kamu yang jago banget ngeband, terus buka 'lapak' khusus di kafe atau jalanan, terus mulai pertunjukan deh. P! jamin hasilnya bakal lebih banyak.

3. Jasa Foto Keliling di Tempat Rekreasi dan Tempat Wisuda

Jasa satu ini nggak mungkin nggak dibutuhin. Semua orang yang sedang tamasya dan wisudaan pasti butuh foto. Lagian modalnya nggak banyak kok. Cuma modal printer portabel dan kamera DSLR kamu udah bisa 'mangkal' di tiap acara wisuda dan tempat rekreasi. Walau udah banyak penjaja jasa ini, pasti di mata orang-orang anak muda kayak kalian punya nilai lebih deh. Makanya, kamu harus lebih kreatif juga dari para tukang foto keliling lainnya.

4. Pacarin Anak Sekolah Sebelah Yang Tajir, terus Minta Donasi Ke Ortunya

 money

Yang ini rada gila sih. Tapi nggak ada salahnya juga kan untuk dicoba. Siapkan temen-temen sekolah kamu yang high quality jomblo, eh nggak jomblo juga nggak apa-apa deh, demi pensi sekolah, pacarnya dipinjem sebentar nggak apa-apa doong. Terus tugaskan temen-temen kamu itu untuk ngegebet dan macarin anak-anak sekolah lain yang tajir. Kalau udah deket kamu minta donasi deh ke ortunya. Hehe. Kalau nggak berhasil dapetin donasi, kamu juga bisa nyoba seriusin hubungan kamu sama si doi. Lumayan kan?

5. Bikin EO Pensi Untuk Sekolah Lain.

Nah, kalau kamu dan temen-temen lainnya udah ngerasa jago banget dalam hal perpensian, sekalian aja kamu bikin EO kecil-kecilan terus tawarin deh jasa kamu ke sekolah lain. Nggak mesti ngurusin semuanya, cukup sebagiannya aja. Misal, EO untuk konsep acaranya aja, atau sekadar nyediain jasa security. Hasil keuntungannya sebagian kamu sisihin untuk bikin pensi sekolah.

6. Jual Karya

Pasti di sekolah kalian ada anak yang kreatif kan? Entah itu jago gambar, jago musik, jago grafiti, atau jago foto. Perdayakan mereka. Ajak mereka untuk bikin karya. Bikin kaos, bikin lukisan, bikin karya foto, atau apa pun. Lalu jual deh, via internet misalnya. Pasti laku! ajak juga temen-temen seangkatan untuk nge-buzz posting jualan itu. Biar makin nyebar. P! yakin sih, ini bakal lebih menghasilkan dibanding sekedar jual snack di sekolah.

7. Ngiderin Kotak Sumbangan

Yap, cara ini juga sering dipake. Jadi, panitia menyiapkan kotak sumbangan sejumlah kelas di sekolah lo. Dan kotak itu diputer ke anak-anak tiap hari. Kalau si koordinatornya galak dan atau cantik, pasti temen-temen lo bakal respek dan rajin ngasih sumbangan deh.  

8. Ikutan Kompetisi

Cara ini nggak boleh dilewatin juga. Sekarang banyak banget loh lomba-lomba yang bisa kita ikuti. Dan bahkan ada yang mengkhususkan lomba untuk para penyelenggara pensi. Udah pada tau ajang kompetisi Desain Poster Pensi #WUJUDKANPENSIMU kan? Ajang persembahan Mountea Sparkling ini udah nyiapin uang total Rp 119 juta loh untuk dilombakan ke para penyelenggara pensi. Nggak ada alasan lo untuk nggak ikut.  

8 Cara Alternatif Untuk Cari Dana Pensi

Komentar