egoisheadercover.jpg

*tarik nafas dalam-dalam yakkk*

Manusia di dunia ini macamnya ada banyak, gengs. Mulai dari yang suka senyum, baiknya minta ampun, nggak tegaan sama orang lain alias suka mengalah, hobi banget marah, keras kepala, bahkan egois. Gapapa! Itulah keberagaman, cuyyy. Namanya juga manusia, tempatnya kekurangan kan yaaaa~

Tapi nggak bisa dipungkiri sih, ada beberapa dari kalian pasti kesel banget setengah mati ketika dapet temen yang egois. Di hati lo pasti pengen banget marah, tapi karena temen sendiri jadi yhaaa gimana ya, huhu. Di satu sisi pengen nasehatin, tapi takut salah obrolan dan malah nggak berujung debat kan nggak mashoookk~ Nah, biar nggak debat dan bikin hati lo dongkol pengen meledak bagai Pikachu lagi ngeluarin sengatan listrik, mending lo ngelakuin hal di bawah ini kalau ketemu sama temen yang egois. 

1. Sabar dan Tenangkan Hati

Kalau kata temen-temen, "orang sabar, disayang Tuhan". Bisa jadi bener tuh, nggak ada salahnya kan ya jadi orang sabar? Bermanfaat buat orang di sekitar lo juga dan diri lo sendiri. Apalagi kalau ketemu sama orang yang egois, kalau udah ketemu sama mereka tenangkan hati dan sabar dulu aja. Jangan ikutan nyamber komen karena bakalan memperkeruh obrolan. Lebih baik lo sabar, tenang, dan lihat keadaannya dulu. 

2. Analisa Dulu Bentuk Egoisnya

Bentuk dari egois kan ada banyak, bisa dimulai obrolan. Kalau misal dalam bentuk obrolan, lo analisa dulu. Sudah? Kalau obrolan itu konteksnya nggak terlalu penting atau sekedar bercanda aja, nggak usah diambil pusing sampai debat. Tapi kalau itu konteksnya serius, coba lo tenang dulu dan dengarkan dia sampai selesai. Kalau udah, baru lo respon dengan pikiran yang jernih tanpa ada emosi, ya.

3. Jangan Terus-Terusan Diturutin

Biasanya kalau orang egois itu pengen semua yang dipengen itu diturutin. Nggak peduli ada badai, hujan paku, atau matahari meleleh pun dia tetep keinginannya diturutin. Padahal kadang kita masih ada urusan, tapi mereka pengen banget diturutin keinginannya. YA AMPOOONNNNN~ Kalau udah begini sih annoying, tapi ingettt yang syabaar beib responnya. Sekali-kali lo nggak perlu turutin kepengennya dia, bilang aja lo masih ada urusan yang kudu diprioritaskan dan harus selesai hari itu juga. Jadinya lo nggak bisa nurutin maunya dia. Ini bukan berarti lo kejam sama dia, tapi at least lo ngajarin dia buat menghargai keputusan yang lo ambil. 

4. Coba Beri Masukan ke Dia

Temen baik itu nggak bakalan membiarkan temennya terjerumus dalam lubang hitam kehidupan, hehe. Kalau lo udah tahu temen lo egois dan itu toxic banget, coba lo kasih masukan ke dia. Kasih tahunya nggak perlu pakai emosi, debat, apalagi ngelabrak, ya. Karena ini bukan sinetron atau Drama Korea, please netijeennn~ Lo bisa mulai dengan perkataan maaf ke dia sebelum mengatakan nasehat, dengan begitu dia masih berasa dihargai sebagai manusia. 

5. Maafin Aja Kalau Semisal Dia Udah Insyaf

Kalau pun dia udah insyaf, maafin aja, beibbbb. Jangan lah lo bahas yang udah dulu-dulu, ikhlasin aja. Lo nggak perlu menaruh dendam sama dia, karena intinya kan dia udah minta maaf dan menyesal atas perbuatannya yang ngeselin. Hitung-hitung lo belajar juga buat ikhlas dan nggak menaruh dendam ke mereka, yeeee kaannn?

6. Tetep Egois? Coba Kasih Jarak dan BHAY BHAAYY~

Agak terdengar jahat sih, cuma kalau dia kebal sama egoisnya dan nggak mau dengerin kata orang lain mau bagaimana lagi? Kalau lo mengalah terus, kasian lo juga kan, ya? Terus kalau lo mengalah terus-terusan, temen lo jadi egois melulu dan nggak belajar apa pun dari pertemanan ini? Banyak orang bilang nih, mitosnya, katanya, hehe, orang bakalan merasa kesepian kalau semisal udah ditinggal sama yang perhatian dengan dirinya. Coba lo pelan-pelan ikhlasin dia dengan kasih jarak, biar dia belajar buat mandiri. Kalau pun dia tetep egois padahal lo udah berjarak, lebih baik lo langsung jujur aja ke dia dan BHAAAYYY~ Semoga hal ini jadi yang terbaik buat dia, beibb.

Komentar